Adu duh…Yamaha Kamu kok Loyo..??!!

logo+yamaha.gif

Bro sekalian yang berbahagia, tahun ini Yamaha memang dalam masa masa sulit. Serangkaian hal hal buruk menimpa Yamaha. Dimulai dari image Yamaha yang semakin turun, kasus R15, motogp juga kalah sampai akhirnya pada tahap Yamaha dipukul Honda. Tahun ini market share Yamaha semakin jauh tertinggal oleh Honda. Pada periode Januari-Oktober 2011, jarak penguasaan pangsa pasar (market share) Yamaha dengan Honda melebar. Pada Januari-Oktober market share Honda sekitar 52,01%, sedangkan Yamaha sekitar 40,13%. Bandingkan dengan periode yang sama 2010, Honda 46,54% dan Yamaha 44,97%.

Faktor Honda yang sangat agresif merilis produk baru juga ikut mempengaruhi turunnya market share Yamaha. Kira kira kenapa Yamaha bisa sampai tertinggal seperti itu. Mari kita kupas ala kadarnya khas warung kopi. Dewasa ini Yamaha memang terlihat defensif dalam menghadapi serangan Honda. Sepertinya serangan produk produk baru ditanggapi dingin oleh Yamaha. Kesan wait and bleed see begitu kentara diperlihatkan Yamaha. Sangat berbeda jauh dengan awal kebangkitan Yamaha dulu.

v-ixion1.jpg

Oke mari sedikit kita flash back bagaimana Yamaha kala itu bisa menjadi kekuatan baru yang sangat dahsyat di ranah industri otomotif roda dua. Kala itu Yamaha sangat agresif seperti Honda saat ini. Yamaha terlihat berani menentang arus industri roda dua. Masih jelas dalam pikiran kita bagaimana kedigdayaan Megapro didobrak oleh Vixion yang berani memakai sistem injeksi yang begitu gagal dipakai pada Supra 125 injeksi. Dengan sentuhan yang sangat cantik Vixion menjadi motorsport idaman sampai detik ini.

Lalu bagaimana juga Mio mendobrak kelas skutik yang juga gagal kala itu di vespa coursa ditambah dengan kymco.cmiiw. Dua atpm berbeda gagal di skutik, dan Yamaha masih keukeuh merilis Mio. Lalu coba lihat hasilnya sekarang, walaupun dua kali disalip oleh Beat tapi secara total penjualan Mio masih yang nomer satu. Pun begitu Jupiter Z yang coba mengganggu pasar Honda. Dengan desain yang sangat racy dan sporty Jupiter Z sukses menjadi idola baru.

248568_mio-silver-l.jpg

Tapi sepertinya inovasi dan keberanian Yamaha mulai hilang saat ini. Lihat saja respon Scoopy yang bisa dikatakan sedikit terlambat diantisipasi Yamaha. Kenapa nggak dari dulu saja. Atau bahkan mendahului Honda. Lalu perihal Mio yang sangat lama dilakukan major change. Memang Yamaha sudah berusaha untuk bertindak cepat dengan merilis Byson. Tapi kesan terburu buru dilakukan Yamaha, itu dibuktikan dengan penyakit inden Byson yang sangat akut.

Pun begitu dengan desain yang semakin lama semakin berkurang sentuhan “art”nya. Menurut pandangan subyektif CB. Produk facelift dari Yamaha terkesan masih bagus yang lama. Contoh saja New Jupiter Z yang sangat jauh lebih bagus dengan Jupiter Z. Lalu desain New Scorpio Z masih bagus dengan scorpio z. Dan Mio masih bagus Mio yang lama daripada Mio yang baru.

1183014760192.jpg

Apalagi beberapa produk terkesan operpress akhir akhir ini. Harga new Jupiter Z masih lebih mahal 600ribuan daripada New Blade. Belum lagi soal fitur sepele tapi sangat sangat vital yakni skspun disepelekan Honda. Tanpa adanya kunci sks, motor Yamaha sangat rawan digondol maling. Berikutnya adalah Yamaha juga menyepelekan keberadaan RDB (rear disc brake) . Memang alasan Yamaha enggan menggunakan RDB masuk akal. Dengan kecepatan motor Yamaha, rem tromol juga masih mampu. Tapi yang diminta konsumen kan lain. RDB selain sebagai pengereman juga sebagai gaya. Motor terlihat semakin lengkap dengan adanya RDB.

Memang aneh, dulu ketika konsumen tidak meminta injeksi diberikan injeksi oleh Vixion. Konsumen belum merasakan praktisnya skutik diberikan oleh Mio. Sekarang konsumen minta kunci sks dan RDB kok malah diabaikan. Semoga dengan cepatnya Mio J merespon injeksinya Honda bisa menjadi awal kebangkitan Yamaha lagi. Karena saat ini hanya Yamaha lah yang bisa mengerem kekuasaan Honda. Bagaimanapun konsumen berharap Yamaha bisa bangkit. Karena tanpa adanya perlawanan Yamaha, mungkin saat ini konsumen masih memakai mesin GL series. Spacy belum lahir, New Blade juga masih disimpan dan sang sport teralis dari Honda kemungkinan juga akan disimpan oleh Honda.

Last, kita memang tidak tau kondisi internal Yamaha saat ini bagaimana. Apakah memang lagi menagalami kesulitan, ataukah memang Yamaha terlalu cepat puas dan terlalu pede. Tapi yang pasti sebagai Konsumen tidak mau tau urusan tetek bengeknya Yamaha. Yang konsumen tau hanya produk dan produk. Bagus dibeli, jelek dibuang. Dan itulah resikonya berdagang, penjual dituntut untuk selalu berinovasi. Kalah gak siap mengahadapi persaingan yang semakin ketat bisa ditebak kan hasilnya seperti apa…

Posted by Wordmobi

About these ads

44 gagasan untuk “Adu duh…Yamaha Kamu kok Loyo..??!!

  1. Mantab analisanya….
    Keren….
    Oot, jika ada artikel ane yang terlihat seperti kosong, itu ada isinya lo kang,… Link menuju artikel tersebut, fasilitas press this dr wordpress, agar ane tidak copas,… :D

  2. Yamaha Kok loyo…??
    minta d pijatin Ma Honda sana….pling tidak mnta resep2 ampuh nan jitu. g usah malu2, , Honda Pasti mau bantu kok… :-)

  3. Sekarang yamaha sedang gencar mengenalkan teknologi injeksi, istilahnya warung ijo,”membumikan injeksi” tapi kalau produknya tidak segera keluar kan sama juga dengan mengiklankan motor injeksinya tetangga. Apa nunggu stok mio lawas habis? Lalau kapan habisnya?

  4. Image yamaha skrg adalah OPERPRES dan OPERPRES.

    Lihat gmn lexam yg msh karbu dan minim fitur dibanderol lebih malah dari revo at yg injeksi.

    mio soul jg juga minim fitur dan msh karbu jg dibanderol lebih mahal dari spacy injeksi.

    njz yg msh tromol dibanderol lebih mahal dari new blade yg udah rdb, dsb.

  5. Skrg aja pasaran rondo produk2 yamaha khususnya matic dan bebeknya nyungsep banget.

    rondo mio dan mio soul lansiran 2011yg masih kinyis2 cuma dilego 7 jutaan aja.

    Jauh bange dibanding beat yg msh 9 jutaan dan spacy yg msh 10 jutaan bahkan msh bisa 11 jutaan…

    yg bikin heran rondo beat lansiran 2008 aja dipasaran bisa lebih mahal dari rondo mio thn 2011 lho…

  6. Terlihat Yamaha tidak mempunyai Grand Startegi yg terintegrasi seperti halnya Honda, terlihat di tahun 2011 ini Yamaha hanya mengcounter dgn “suka-suka” dan & “my way” itu saja tdk cukup utk menahan gempuran Honda yg begitu dominan menggelontorkan produk barunya. Honda sdh mengeluarkan Spacy & Supra x helm-in injeksi ditambah dgn advertising yg berusaha menanamkan mindset konsumen bahwa injeksi ya Honda. Yamaha terlihat panic dgn menggelar sosialisasi injeksi, lah…motornya aja blm ada, jelas ini sangat menguntungkan Honda. Tapi itulah kompetisi, siapa yg jeli menerapkan strategi yg jitu maka dia akan memenangkan pertempuran.

  7. Yach…Gimana mau brojolin produk baru n bangkit? Lha wong saat ini kondisi internal yamaha lagi carut marut kayak tahun 1998 lalu. Waktu itu YMKI internalnya carut marut karena ga sesuai target gara2 krisis moneter akhirnya para pemegang saham menjual sahamnya n dibeli yamaha jepang, jadilah YIMM. Sejak saat itu seluruh jajaran direksi di pegang orang jepun, sekarang juga internal YIMM lagi rebutan jabatan antara orang2 jepun ma anak buah pak dyon, jadi ya ga kompak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s