Tertipu Indosat

Sekitar 2 minggu ini sinyal axis saya terbang tenggelam, jaringan BB pun kadang nampak kadang tenggelam. Jelas itu mengganggu. Tapi anehnya itu terjadi di daerah kota Mojokerto. Padahal di pinggiran sinyal axis ngaceng terus. Fyi, saya kalau siang domisili Dusun Losari pinggiran kota dan kalau malem di Sinoman kota Mojokerto. Karena saya lebih sering ol di Sinoman, permasalahan sinyal Axis mengganggu. Akhirnya saya berniat selingkuh sementara ke Indosat. Apalagi ada promo paketan BB 90 ribu 3 bulan. Dengan harapan mungkin sebulan kedepan masalah sinyal Axis bisa terselesaikan. Tapi ternyata setelah saya browsing lihat syaratnya, kesimpulannya diawal kita bayar paketan BB 90 ribu plus paketan internet 50 ribu. Kemudian bulan kedua dan ketiga tetap harus langganan paketan internet 50ribu agar paketan promo BB bisa dipakai. Kalau dihitung hitung. 90rb + 50rb + 50rb + 50rb = 240 ribu 3 bulan, atau rata2 80 ribu perbulan. Sama aja donk, karena prinsip saya ada harga ada rupa, akhirnya saya memutuskan memilih paketan BB normal yang perbulan 90rb dengan harapan servicenya lebih memuaskan.

Akhirnya kemarin malam 9/8 saya membeli perdana mentari seharga 3ribu dan pulsa 100 ribu. Setelah terisi saya daftarkan paketan BB bulanan full service. First impression pake produk Indosat puas. Sinyal gprs, edge sampai 3G ngaceng tanpa hambatan. Buat browsing lancar jaya. Tapi alangkah kagetnya pagi tadi saya check pulsa kok berkurang. Dari 12ribuan tinggal 5ribuan. Padahal gak saya pakai telpon maupun sms. Hanya telpon ke call centre yang tarifnya 400 perpanggilan, gagal lagi.

Lalu saya menuju galeri Indosat untuk mempertanyakan perihal berkurangnya pulsa saya. Setelah dijelaskan ternyata pulsa saya berkurang karena pemakaian aplikasi dari pihak ketiga semacam Opera Mini, Whatsapp maupun wordpress. Saya disarankan untuk mengahpus aplikasi-aplikasi tersebut. Ingin rasanya mengatakan bagaimana kalau muka sampean aja yang tak hapus. Berhubung bulan puasa akhirnya saya tahan. Dengan nada keras, saya bertanya “apakah memang paketan full service Indosat tidak termasuk aplikasi dari pihak ketiga?”
“Tidak pak” jawabnya.
“Padahal saya pakai Axis paketan full service itu mencakup semua kecuali streaming youtube.”
“Dari RIM nya memang tidak menyediakan” ujarnya lagi.
“Kalau dari RIM nya tidak menyediakan, kenapa Axis bisa”
“Memang dikenakan biaya kalau Indosat”
Sadar costumer service mulai mbulet akhirnya saya tinggal pergi. Percuma saja dikejar toh jawabnya berputar-putar.

Tidak puas dengan jawaban costumer service, akhirnya saya telpon call center lagi. Lama menunggu akhirnya diangkat. Pertama saya tanya perihal kehilangan pulsa saya, call center hanya menjawab, “maaf sistem kami dalam perbaikan, jadi kami tidak bisa menjawab pertanyaan atau keluhan bapak” akhirnya saya tanya apakah paket bulanan full service tidak termasuk aplikasi pihak ketiga, dijawab “memang aplikasi pihak ketika dikenakan biaya, harus daftar paketan internet indosat lagi”

Bah macam mana pula, setau saya paketan full service ya sudah mencakup semua kecuali streaming. Kalau ditotal-total paketan BB full service 90rb ditambah paketan internet 50 ribu total 140 ribu. Gila apa. Jauh lebih mahal dari Axis 79 ribu perbulan. Kalau saja Axis tidak mengalami gangguan sinyal gak akan saya pindah ke Indosat. Fyi saya pakai Axis BB sudah 4 bulan tidak pernah mengalami gangguan.

Sungguh aneh paketan Indosat. Dan sampai saat ini, pulsa saya memang berkurang tiap pakai opera mini atau Whatsapp. Saya merasa ditipu sama Indosat. Indosat sering menjebak pelanggan dengan syarat-syarat yang membingungkan. Di persyaratan bulanan, disitu dijelaskan browsing tapi gak dijelaskan harus memakai browser bawaan bukan aplikasi pihak ketiga seperti opera mini.

20 thoughts on “Tertipu Indosat

  1. sama mas..2 minggu yang lalu lagi seneng2nya karna upgrade android baru yg layarnya lbh wah..isi pulsa 50 ribu trus ndaptar paket internet indosat..lah ternyata tak pake bentar langsung gak konek lg..ternyata pulsa reguler abis n kuota internet gak berkurang.
    saya pun telpon call center n jawbane juga gtu..
    muangkel rasanya karena yg sblumnya ud “ilang” 60 ribu juga..
    alasane karena perbaikan jaringan n cm minta maap thok..gembel tnan

    • Indosat emang kacrut. Berhubung kebutuhan saya (sinyal dimana saya berada terutama 3g) cuman axis dan indosat. Terpaksa pakai indosat, padahal sudah 4 tahun yg lalu saya sudah gak pakai indosat.
      Itu masak pulsa sampean yg hilang gak bisa diurus. Lempar ke suara pembaca aja, biar ngehe tu indosat.

  2. saya pake indosat dengan unlimited 100rb/bulan (pascabayar), dipake di HP android; sudah semua service termasuk jadi modem. barriernya cuma quota 2GB selebihnya diturunkan kecepatan ke 64kbps, tapi tetap unlimited. saya tidak tahu paket2 indosat yang ada untuk prabayar, tapi kalau ada option mungkin sebaiknya pilih unlimited.

    ohya jangan pilih embel2 paket BB, alasannya itu tadi; paket lainnya sering tidak dicover karena memang yang dipakai servernya RIM. ini alasan klasik ya.. kalau hanya untuk BBM-an ambil paket bbm (chatting) saja, selebihnya untuk berinternet ria sebaiknya ambil paket unlimited. saya bukan pengguna BB, tapi sepertinya ini cara yang paling masuk akal.

  3. @Rony dan lainnya yg mungkin bermasalah dg indosat internet bisa kujelaskan, setelah daftar internet kemudian setelah dapat sms konfirmasi, restart dulu alat (hape atau modem). Nah siap dipake. Kebetulan aku dulu juga begitu. Untuk bb aku gak tau skemanya. Semoga membantu.

  4. Indosat mmg penipu………. mereka jualan paket promo pke bahasa marketing, kliatan murah pdhl ujung2nya sma aja.. bahkan lbh mahal. gw aja slh satu korban dari si kuning ini.. pke paket full service 90rb/90hari. cmn pke 1 minggu browsing, app world tidak bisa di buka..!

  5. Sama pake bb simpati ful servis jg mesti daftar internet klu ga di makan tuh pulsa ANEH, coba pake mentari sama sekali ga jalan bb maupun brosingnya parah anj** parah,xl lumayan tp ga smua 3G, GSM muahal, beda pake cdma s**f** ful serpis 99rebu bisa smuanya donlod, yutub bisa ga mamam pulsa lg, salam kenal smua, dari Bandung

  6. mo nanya ni ma agan2 sklian. ane pke hp china ktany si android, ane ga pham. dftar operamini indosat dipotong tiap hri 1500 tp kok diluar potongan tsb msh dipotong lg yak? ada yg tau solusinya? trims

  7. Sama boz ni saya bru sja kna tipu indosat sempak bedah…td pg saya daftar paket full service 90…stlh paket berhasil..saya buka opera mini…dgn nyantaiya asekkk punya paketan..sda lma berselang …sy berhent browsing krn pgn tlpn teman…ternyata pulsa tidak mencukupi.pulsa utama saya habis tersedot pemakaian opera mini…kta saya ini full servis apa buss service…indosat sempak bedah..

Tinggalkan Balasan

