Senyumlah Untuk Semua

Senyum masih menjadi salah satu jurus ampuh untuk meredam emosi seseorang. Dengan kita memberikan senyuman kepada seseorang, seringkali emosi seseorang bisa langsung menghilang tersapu senyum tersebut. Pun begitu sebaliknya. Kondisi tersebut bisa kita manfaatkan di semua situasi, salah satunya di jalan raya.

Tak dapat dipungkiri, jalan raya tak ubahnya seperti alam liar yang dipenuhi berbagai macam karakter pengendara. Dari pengendara santun sampai pengendara arogan melebur menjadi satu. Mungkin pernah dari kita mengalami kejadian hampir celaka dikarenakan salah pengertian. Seperti pas mau belok, kita maunya ambil kanan akan tetapi pengendara dari arah berlawanan salah pengertian dan ambil di jalur yang sama dan akhirnya hampir tabrakan. Kejadian seperti tersebut seringkali bikin kita jengkel dan kadang meluapkan kemarahan kita. Belum lagi kalau pengendara terjebak kemacetan atau jalan kita diserobot pengendara lain.

Disitulah pentingya akan sebuah senyuman. Seringkali penulis luluh ketika mendapati pengendara lain yang salah mengerti maksud kita, memberikan senyuman. Pun begitu sebaliknya, ketika penulis dalam posisi salah dan langsung memberikan senyuman tanda minta maaf, pengendara tersebut juga ikut tersenyum. Berdasarkan 10 manfaat senyum dari detikhealth ada beberapa poin yang bisa kita aplikasikan ketika kita berada di jalan raya, diantaranya :

• Senyum bisa merubah suasana hati.
Ketika kita tidak sengaja mendzolimi/terdzolimi pengendara lain, pasti kita langsung marah ataupun jengkel. Dan itu bisa mengurangi konsentrasi dan kewaspadaan kita dalam berkendara. Dengan meminta maaf diawali senyum, suasana hati yang tidak karuan bisa berubah menjadi kembali normal.

• Senyum bisa menular
Ketika kita mengalami miss komunikasi dengan pengendara lain dan hampir menyebabkan celaka, senyum bisa meredakan ketegangan tersebut. Dengan kita senyum terlebih dahulu, pengendara tersebut bisa ikutan tersenyum. Hingga akhirnya ketegangan bisa mereda.

• Senyum bisa meredakan stress
Pengendara yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah pengendara tampak letih dan lelah. Jika sedang stres berkendara, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan ketika pengendara dalam posisi yang tidak mengenak’kan.

• Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks. Jika pengendara merasa rileks, konsentrasi dan kewaspadaan dalam berkendara bisa terjaga.

Senyuman bisa memberikan banyak arti, bisa sebagai permintaan maaf atau pemberian maaf. Bisa juga tanda mengakui kesalahan kita. Dengan bertambahnya angka kecelakaan, semoga dengan senyuman bisa mengurangi jumlah angka kecelakaan tersebut. Tetap konsentrasi dan waspada ditunjang dengan hati yang damai saat berkendara. Begitu luar biasa kan manfaat senyuman. Selain bermanfaat bagi diri kita, senyum juga bisa memberikan efek positif terhadap orang lain. Dengan senyuman pula, selain meminimalisir faktor yang menyebabkan kita celaka di jalan raya, kita juga ikut meminimalisir faktor yang meyebabkan pengendara lain celaka. (Ekodeby)

17 thoughts on “Senyumlah Untuk Semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s