Selalu Tengok Kanan Kiri Sebelum Menyebrang Jalan Meski Satu Arah

Biker alay memang seperti menjadi musuh bersama. Selain membahayakan sesama pengendara dengan gaya riding yang sruntulan, biker alay juga membahayakan pejalan kaki. Kejadian membahayakan nyaris menimpa seorang ibu yang menggendong anaknya ketika sedang menyebrang jalan kamis malam 15 Maret. Selepas menjemput anak dari rumah eyangnya, jalur yang saya tempuh selalu melewati alun alun Mojokerto dimana jalur tersebut sebagian searah.

Didepan Kodim samping alun alun, ibu tersebut hendak menyeberang jalan. Saya berinisiatif memberi jalan dulu, tapi tiba tiba dari arah yang berlawanan muncul anak muda mengendarai motor melawan arah tanpa memakai helm. Nyaris ibu tersebut tertabrak, karena ibu tersebut hanya menoleh ke kiri. Saya memakluminya karena memang itu jalan satu arah. Seandanyai saja alay tersebut menabrak ibu pejalan kaki, pasti saya bandem helm, kemungkinan juga sepatu boot provos mendarat di mulut alay tersebut.

Kejadian tersebut memberi kita pelajaran, meskipun satu arah alangkah baiknya kalau menyebrang jalan selalu tengok kanan kiri terlebih dahulu. Apakah ibu tersebut salah, menurut saya tidak sama sekali. Karena memang satu arah. Disini pentingnya peranan kita selalu memberikan edukasi terhadap masyarakat yang kurang paham, baik ibu tersebut maupun menyadarkan alay yang bisa sangat merugikan orang lain. Tentunya dengan terjun langsung ke masyarakat.
Semoga bermanfaat.

Posted with WordPress for BlackBerry.

25 thoughts on “Selalu Tengok Kanan Kiri Sebelum Menyebrang Jalan Meski Satu Arah

  1. ngeri…😦 hati2 kalo nyebrang jalan, apalagi bawa anak kecil.. perlu pemasangan mirror/kaca cembung gak yah?😀
    tapi kadang kaca cembung di pertigaan/perempatan itu pemasangannya tidak pas juga kang.. jadi masih ada banyak area blindspot..
    contoh mirror di pertigaan persis dekat rumah dinas walikota moker, yang dari arah jembatan/alun2 yang hendak belok kanan ke arak KFC/klenteng itu sebaiknya menyalakan klakson 1 ato 2 kali.. pengalaman di kaca kosong tidak ada bayangan pengendara dari sisi jalan, ternyata pas di tengah pertigaan ada motor yang hendak belok ke arah hayam wuruk, untung sama2 pelan2, jadi tabrakan masi bisa dihindari..

  2. Saya malah kejadian bro, 2 hr yg lalu. jalan satu arah,abis beli rokok saya nyebrang balik ke mobil. saya cuman liat ke arah yg dimana kendaraan lewat. Eh… Tiba2 ada ibu2 muda nyelonong aja, udh gak pake helm, melawan arah, nabrak saya pula lg. Untung cuma lecet2 aja tp sakit jg sih apalg perut saya pas kena batok motornya trus kepental. Yg kasihan anak yg diboncengnya, jatoh kepala duluan, bocor kepalanya. Saya yg kena maki2 sm tu ibu, untung wanita kalo laki saya kasi bogem tu org. Saya maki balik tu ibu, sambil berdiri saya lari ke arah anaknya. Y udh saya angkat tuh anak trus saya masukin ke mobil, saya antar aja ke klinik yg kira2 50an meter dr tempat kejadian. Untung saya gak niat memperpanjang masalah, krn liat anaknya kayak gt, kasihan jg. Baru nyadar kesalahannya Akhirnya tuh si ibu sm suaminya yg datang belakangan minta maaf sm saya. Itu pun krna desakan suaminya. Dasar tu ibu2 gendeng, udh salah masih aja nyalahin org.

  3. kalu ini siapa yang salah?… mirip ama kecelakaan ane 2 minggu yg lalu… karna orang nyebrang jalan dari balik mobil tanpa nengok kanan-kiri dan menyebrang secara nyerong… tuh orang gpp gak kena tabrak… cuma ane akhirnya banting ke kiri dan hajar mobil yg lagi parkir…
    apa susahnya sih nengok kanan kiri sebelum nyebrang?… hehhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s