Yamaha Sangat Piawai Mempopulerkan Produk yang Tidak Populer…!!!

Awal mula motor skuter matic kurang begitu populer, diawali oleh Vespa Corsa(cmiiw), lalu Kymco belum mampu mendongkrak penjualan skutik. Tapi itu tidak menyurutkan Yamaha untuk tetap merilis skutic pertama mereka. Mio adalah bakal skutik masa depan yang begitu sukses, adalah “gambling” Yamaha di segment skutik. Bahkan kini skutik telah menggeser dominasi bebek yang begitu populer dulu sebagai motor yang mengutamakan fungsionalitas.

Injeksi dulu sangat sulit diterima oleh konsumen. Harga yang mahal dan susahnya merawat motor berinjeksi sudah kadung tertanam dibenak konsumen. Awal mula motor injeksi diperkenalkan oleh Honda dengan Supra 125 injeksi. Selisih harga satu juta dengan versi karburator dan sedikitnya bengkel yang bisa menangani membuat Supra 125 meredup. Tapi lagi lagi Yamaha berhasil mematahkan mitos motor berinjeksi tidak akan laku atau kurang populer. Vixion juga “gambling” dari Yamaha untuk mendobrak motor berinjeksi. Sampai kini belum ada yang menggoyahkan Vixion dari tahtanya.

Lantas yang jadi pertanyaannya adalah, bagaimana kalau kesuksesan tersebut digabung menjadi satu. Skutik yang dulunya kurang populer dengan motor injeksi yang dulunya kurang populer akhirnya lahir menjadi skutik injeksi. Disini kita bicara siapa yang akan menjadi raja skutik injeksi apakah Honda ataupun Yamaha yang jelas lebih berpeluang daripada atpm yang lain. Dan Honda mengawali terlebih dahulu dengan Spacy injeksi. Memang Spacy injeksi bisa dikatakan diterima pasar melihat target 12rb unit perbulan dan bisa terserap pasar sampai 15ribuan unit di bulan desember 2011, 12ribuan di bulan januari.

Disusul Mio J dari Yamaha yang direspon pasar dengan baik, target awal 25rb unit bisa terserap 29ribuan dibulan pertama pasca launching. Melihat target dan penjualan antara Spacy dan Mio J, jelas saat ini yang berpeluang besar menjadi raja skutik injeksi masih dipegang oleh dinasti Mio. Kedepannya masih ada Vario 125 dan Mio Soul injeksi, dimana target Vario 125 tidak main main yakni 70ribu unit tiap bulan yang mengungguli target sesungguhnya Mio J 50rb tiap bulan. Wow..

Untuk posisi sementara Yamaha masih menguasai segment skutik injeksi kalau dilihat dari penjualan bulanan (bukan penjualan keseluruhan) . Dan dinasti Mio masih menjadi primadona bagi mayoritas konsumen. Sementara segini dulu deh.. Next artikel mengupas prospek kedepan antara Mio J dan Vario 125, siapa yang berpeluang menjadi Raja skutik injeksi.

Pict : 99motorcycle.blogspot.com

Posted with WordPress for BlackBerry.

17 thoughts on “Yamaha Sangat Piawai Mempopulerkan Produk yang Tidak Populer…!!!

  1. yamaha dulu terkenal boros, krn pake mesin 2tak.
    Liat aja produk honda yg terkenal irit, apakah NSR seirit megapro ato bahkan bebek honda?

  2. TZM kan built up,

    honda juga gitu, liat revo at, cs1, kirana, new megapro (gak sesukses generasi sebelumnya).

    Suzuki gitu juga, liat thunder 250, sprinter,

    penjualan kawasaki, juga kurang mumpuni (kecuali kaze n ninja)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s