Musuh Sesungguhnya Dinasti Mio adalah Dinasti Beat, Bukan Dinasti Vario

Sebenarnya bicara Mio J dan Vario 125 bukanlah dua skutik yang saling berhadapan secara head to head kalau dilihat secara kubikasi maupun bandrolnya. Bagaimana tidak Mio J berkubikasi 115 sedangkan Vario berkubikasi 125, pun begitu harga dari kedua varian skutik injeksi ini pun berbeda. Mio J paling mahal dibandrol 12,93 juta, sedangkan Vario 125 15,9juta. Tapi yang cukup mencengangkan adalah target dari Vario 125 yang ditargetkan bisa terserap 70 unit perbulan, sebuah target yang cukup fantastis ketika melihat target Mio J yang 25 ribu unit perbulan.

Kalau dilihat dari jumlah target saat ini Vario 125 sudah bisa dikatakan head to head secara penjualan. Dan kalau ditelaah lagi, terlihat Honda sangat optimis Vario 125 bisa menggebuk Mio J. Yang jadi pertanyaannya apakah benar Vario 125 mampu menggebuk Mio j, dan apakah kedepannya Vario 125 diposisikan sebagai suksesor Beat. Mari kita analisa ala kadarnya khas warung kopi.

Point pertama, Vario 125 secara desain layak memukul Mio J. Point kedua fitur dari Vario 125 juga layak memukul Mio J. Point ketiga brand Vario pun sebenarnya layak menggebuk Mio J. Sampai disitu Vario 125 memang layak menelan Mio J, tapi kalau sudah menginjak harga dan brand Mio J sendiri rasanya Vario 125 harus berpikir dua kali sebelum ditargetkan untuk Memukul Mio J. Dari harga yang terpaut 3 juta cukup menegaskan bahwa cukup sulit Vario 125 mendahului Mio J. Tiga motor terlaris pun didominasi varian entry level seperti Mio, Beat dan Vega ZR. Dan kalau melihat secara historikal, tidak ada namanya Vario bisa melengserkan Mio.

Melihat pemaparan diatas cukup heran juga dengan target kedua skutik injeksi tersebut. Apakah target Mio J terlalu sedikit, ataukah target Vario 125 terlalu muluk. Apa mungkin setelah digencet Honda habis habisan tahun lalu membuat Yamaha sedikit bermain save atau kurang percaya diri, atau justru Honda yang terlalu percaya diri karena merasa mendominasi penjualan ditahun lalu bahkan sampai mencetak rekor penjualan. Tapi kalau menurut hemat saya, meski Vario 125 mempunyai fitur diatas Mio J ditunjang dengan body yang ciamik rasanya Mio J masih terlalu tangguh buat Vario 125. Musuh sesunguhnya dinasti Mio tetap tetaplah dari dinasti Beat, entah nantinya Beat injeksi. Atau varian baru yang kecil, ringan, lincah dan tentunya ramah harganya.

Posted with WordPress for BlackBerry.

25 thoughts on “Musuh Sesungguhnya Dinasti Mio adalah Dinasti Beat, Bukan Dinasti Vario

  1. nope, vario125 bukan penggebuk mioJ… vario125 lebih sebagai senjata ahm menyiapan blue ocean untuk masa depan, karena di kelas itu udah gak ada lawan yg lebih value dibanding vario125 (saat ini)

    dan siapa tau, akan terjadi shifting dari skutik 100 ke 125. Seperti halnya dulu orang gak mengira kalo skutik bisa mengalahkan

  2. BeAt tetep menempel mio, Vario menang telak karena gak ada lawan yang sebanding (xeon kalah fitur) kalau target, karena vario 125 ini replacement dari vario 115 baik dari harga maupun modelnya, maka target akan ditingkatkan dari hasil prestasi penjualan pendahulunya.

  3. nah knp yg dimatiin vario teknonya, ada alasan mbah, bentar lgi mio gt brojol, nah calonnya honda apa, disinyalir vario lawas akn facelift, mio j udh adapun beat tetep no 1, 2 bulan dr jan 2012 dh terproduksi 200rban. apa lawan mio j, spacy kah, bukan spacy fi adlh pancingan honda spy yamaha menset price mio j sama dgn spacy fi sefitur yakni cw, dlm 3 bln mio cw karbu akn didiscontinue, praktis h2h price beat kosong, sambil liat mio j value kekonsumen gmn, booming atw tdk, disitu pelan2 beat akn difacelift liat design, fitur, performa, kekurangan mio j, akn disempurnakan di beat fi, dgn harga yg membuat yamaha shock lgi, mgkn lbh murah beat fi. tp tu analisa saya, mgkn tu masih lama, value mio j blm tercipta, kita liat aj.

  4. Hmmm…
    klo lihat prestasi vario techno 110 yg mampu terjual 50-60 ribu unit sebulan, ane rasa dgn peningkatan value yg sangat signifikan di vario techno 125 ini dgn target nambah 10 rb/bln dr vario techno 110 lawas ane rasa sangat realistis….

    Vario techo 110 aja bisa terjual 60 rb unit/bln lho bro.., sangat jauh klo dibanding xeon yg cuma bisa laku belasan ribu unit doank tiap bulannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s