Mio J : Menghilangkan Fitur Safety Kok Bangga dan Pede..??!!

yamaha-mio-j-side.jpg

Kemunculan spies Mio memang fenomenal, dimulai ketika pertama kali Muncul Mio generasi pertama yang menjadi Rajanya Skutik sampai generasi terbaru yakni Mio J. Dan sampai detik ini Mio J masih meramaikan jagat Blogsphere. Mungkin kalau anda cermat melihat semua berita Mio J, mayoritas menonjolkan sisi kelebihan dari Mio J tersebut. Dan kalau dicermati lebih dalam, beritanya pun hampir seragam. Hemm..mungkin sumber beritanya dari pres rilis, dan dimodifikasi sedemikian rupa agar tidak nampak sama. Padahal intinya juga sama, keiritan bensin dan durabilitasnya.

Okelah mungkin untuk masalah irit dan durabilitasnya mungkin bisa benar. Karena saya sendiri pernah mencoba (meski sebentar) dan menurut testimoni sang pemilik yakni penunggu blog surya majapahit yang baru beli Mio J, mengatakan bahwa memang irit dan tarikan lumayan ok. Tapi yang saya kritisi disini adalah Yamaha seperti “bangga dan pede” tanpa fitur SSS ( side stand switch ) . Padahal Mio J di Thailand pakai loh.

scr000097.jpg

Ketika push mail berdering pertanda blog ridertua baru mbrojol, saya sedikit terkejut ketika melihat judul artikel “Mio J Gak perlu bagasi luas dan fitur side stand switch” . Persepsi pertama yang muncul adalah menghilangkan fitur safety kok terkesan bangga. Okelah masalah pertempuran antara Yamaha dan Honda saya tidak terlalu mempermasalahkan, tapi sedikit kecewa saja ketika mendapati bahwa Yamaha terkesan percaya diri meski tanpa SSS.

Bagi saya, fitur SSS tak sekedar fitur tambahan yang membuat suatu produk mendapat nilai plus ketimbang kompetitor, tapi lebih pada fungsinya sendiri yang mencegah pengendara bisa celaka akibat lupa menaikkan standar samping. Bagi penggiat keselamatan berkendara, sebenarnya berharap semua sepeda motor sudah mengaplikasikan fitur SSS. Kalaupun masih belum ada fitur SSS, mbok ya jangan “pede” gitu. Melihat statement Yamaha seperti itu, apakah salah jika saya bicara Yamaha terkesan egois atau arogan dengan hanya mementingkan jualan saja tanpa memperhatikan apakah poduknya memberikan jaminan keselamatan. Jujur saya memberikan apresiasi motor yang ada fitur SSS nya, karena faktanya dengan fitur SSS kita bisa terhindar dari kecelakaan yang disebabkan ketika kita lupa menaikkan standar samping.

Posted by Wordmobi

95 thoughts on “Mio J : Menghilangkan Fitur Safety Kok Bangga dan Pede..??!!

  1. Iya blogger laen pembritaan nya seragam gak bermutu orang awam jg paham, emang kang CB salah satu blogger yang independent mantap kang lanjutkan

  2. wah br tau ane.. bahaya itu.

    taglinenya semakin cepat n semakin irit tanpa septy percuma ya ada yg kurang🙂, apalagi kl semakin cepatnya dipake sruntulan🙂

  3. iya..sayang skali..pernah jg dbhas d warung juragan rondo
    emang dngan side stand switch..selain lbh aman dr efek lupa naikin standar samping,jg bkin praktis..
    smg yamaha ind menerapkan untk produk2nya stlah ni..
    mas cb bner2 cermat smp bandingn dngan mio j thailand..sip

  4. Itulah ciri khas yamaha,produk minim fitur dibangga2 in,segala kekurangan ditutup2in.
    Sebenarnya yamaha sih bisa tambah sss nya,tapi keuntungan melupakan segalanya.
    Coba kalo ditmbh fitur sss nya tentu tambah naik ongkos produksinya,andai penambahan fitur per/unit butuh dana 200 ribu misalnya trus dikali ratusan ribu motor kan berasa jumlahnya.

  5. Indonesia kan rawan banjir, apa tidak bahaya dengan adanya SSS? Mungkin sekarang masih dalam tahap riset, untuk bikin SSS yang aman ketika ‘menerjang’ banjir. Entahlah, tapi memang Yamaha minim fitur.

  6. saya lagi mau ganti motor pilihannya ada dua mio j atau spacy. mohon saran dari agan2 semua. saya harap sarannya yang netral. trrimmaakkaassiihh

  7. Seberapa banyakkah kasus kecelakaan akibat lupa angkat standar? Mungkin yamaha menganggap fitur sss adalah mitos, sesuatu yang kelihatannya penting tetapi kenyataannya tidak.

  8. setahu saya belum pernah denger ada motor jatoh atau kecelakaan gara2 lupa naekin standar samping…cmiiw…

    paling juga klo lagi belok aga nge gasruk dikit dan si standar samping nya langsung naik,,saya rasakan kok hal itu…

    trus emang ada negatif nya pake SSS,,,ketika beberapa bulan kemaren pake vario..klo pulang malem, pintu garasi ama pintu pager nutup…

    harus turun dari motor, pas nurunin standar samping mati,,,buka pintu pagar,,starter lagi..masuk pager,,standarin lagi..mati lagi…buka pintu garasi…starter lagi…masukin lagi….

    klo pas pake mio gak ribet2 amat sih….

    cuma pengalaman pribadi aja….

  9. emang yamaha mio j kalah telak dalam hal fitur dibanding honda:
    1. Kalah tanpa fitur SSS
    2. Kalah tanpa fitur boros
    3. Kalah tanpa fitur bletak.

  10. seberapa penting sih Side Stand Switch? apakah berguna pada saat kendaraan berjalan? tentu tidak bukan? pasti sebenarnya gara-gara liat video pengendara yang ngebiarin anaknya di motor pas motor masih menyala saat brenti……. mas bro terlalu semangat dalam mengkritisi nih, jadinya kurang berimbang dalam menilai, IMHO:mrgreen:

      • menurut saya sangat penting bro arif…
        karena kita sebagai bikers kadang lupa naikin standar samping sebelum riding…n bisa berakibat fatal kalo sampe jatuh gara2 nyantol tuh standar samping..cewe n ibu2 biasanya sering lupa tuh.. n pidio anak kecil betot skutik n akhirnya jatuh itu kan hanya salan 1 conto aja..
        namanya juga fitur..disematkan agar lebih perfect n lengkap serta bertujuan preventif..:D
        itu yang ane rasa lho..hehe

  11. Ms musti nunggu ad kejadian ninggal dl br nyadar.dl ad ank2 dkt rmh,motor nyala dlm posisi dstandar samping.trus dipuntir tuh gas am si anak.
    klian bs mnebak ap yg trjd.pnysln seumur hdp bro.

  12. hm… berarti menurut blog CB ini Honda spacy lebih recommended ya….?
    mangap nanya lagi, besarnya bodi spacy itu mempengaruhi handling ga ya?

  13. pabrikan juga bertindak sesuai survei yg mereka lakukan…dan yg pertama di keluhkan konsumen adalah sisi konsumsi bahan bakar, dan juga kuncii pengaman..untuk sss ada tapi relatif sangat2 kecil..hanya skitar 2%, g heran Y g pasang sss di motornya.

    apa benar sss faktanya sangat penting??kalo segitu pentingnya kok kepolisian tidak mewajibkan seluruh motor yg beredar di indo wajib sss sama sperti AHO???kalo diwajibkan pasti dituruti!

    pendapat pribadi saya sss g penting begitu juga AHO lebih g penting lagi, tapi saya setuju jika produk sss ini dijual terpisah, untuk orang2 yg membutuhkan seperti bro cafe biker

  14. jelas sudah,,
    Yamaha sudah tidak lagi memikirkan keselamatan konsumennya
    yg penting jualan bro..
    pantes aja banyak konsumen yamaha yg tewas dijalan

  15. menurutku, yamaha bukannya tidak mementingkan keselamatan konsumen.
    Pada kasus anak kecil yg betot gas kemudian bonyok, kita tidak bisa begitu saja menyalahkan pabrik motor.
    Kita harus introspeksi diri.
    Apakah pabrik motor merekomendasikan skutiknya untuk anak balita……??? (jawabannya pikir sendiri).
    Dari kasus tsb, jelas2 disebabkan kecerobohan user motornya.
    Dan apakah kecerobohan user, layak dibebankan kepada pabrikan?

    Contoh :
    misal anda membeli obat tikus di toko, trus anda bawa pulang, sesampai dirumah anda letakkan diatas meja. Tanpa anda ketahui anak balita anda mengambil dan memakannya, dan akhirnya k.o.
    Apakah kejadian tsb kesalahan pabrik obat tikus karena bisa dimakan anak kecil??

  16. begitulah yang namanya Yamaha …… Ga perduli sama Safety, sama kaya Fansboy nya . Selalu MenDewa-Dewa kan merk nya , padahal batin dia sebenernya Ngenes. Koq motorku koyo ngene yoo piye iki?

  17. apa benar sss faktanya sangat penting??kalo
    segitu pentingnya kok kepolisian tidak
    mewajibkan seluruh motor yg beredar di indo
    wajib sss sama sperti AHO???kalo diwajibkan
    pasti dituruti! ================================== Di Thailand aja Mio J pake SSS , kenapa di Indonesia tidak dipake ? any Question … Berpikirlah yang sehat , jangan ngomong sa’udele dewe. Dasar Fansboy Yamaha, pikir tuh Pentingnya SSS jng mikirin untung aja. goblok lho

  18. menurutku, yamaha bukannya tidak
    mementingkan keselamatan konsumen.
    Pada kasus anak kecil yg betot gas kemudian
    bonyok, kita tidak bisa begitu saja
    menyalahkan pabrik motor.
    Kita harus introspeksi diri. Apakah pabrik motor merekomendasikan
    skutiknya untuk anak balita……???
    (jawabannya pikir sendiri).
    Dari kasus tsb, jelas2 disebabkan
    kecerobohan user motornya.
    Dan apakah kecerobohan user, layak dibebankan kepada pabrikan? ================================= ya jelas Pabrikan yang salah, kenapa? Karena Pabrikan tidak membuat system penjegah, ingat Bro Manusia itu punya sifat pelupa dan itu tidak bisa kita cegah , nah untuk menghindari hal itu maka dibuatlah Suatu System/alat yg dapat Memprotec apabila terjadi hal diluar kendali kita. sama halnya dengan Shutter key , kenapa dibuat Alat itu ? Supaya lebih dapat memprotec keamanan motor kita dari maling, Pertanyaanya adalah bukankah kalo tanpa Shutterkey pun Motor masih bisa jalan . Iya betul tanpa shutterkey pun motor masih bisa jalan taaappiii akan lebih aman kalo dibuatkan alat pencegah bahaya Maling. Begitu kira2 Tanggapan saya.

  19. misal anda membeli obat tikus di toko, trus
    anda bawa pulang, sesampai dirumah anda
    letakkan diatas meja. Tanpa anda ketahui
    anak balita anda mengambil dan
    memakannya, dan akhirnya k.o. Apakah kejadian tsb kesalahan pabrik obat
    tikus karena bisa dimakan anak kecil?? =================================== ini saya kasih jawabannya, pertama yang salah adalah orangtuanya, karena meletakkan Obat tikus diatas meja , kedua ternyata di kemasan obat tikus tadi kemasannya sangat lucu sekali sehingga menarik keinginan anak kecil untuk memakannya, coba kalau Obat tikus tadi Kemasannya dibuat dari kaleng trs tutupnya sulit untuk dibuka anak kecil pasti itu lebih aman, lha ini gimana mau aman ….obat tikus malah kemasannya seperti permen . Ada gambarnya doraemon lagi…hahahahaha…. Makan tuh Obat tikus cap Meong.

    • oon koq dipiara malah dikasih pupuk.
      Dari dulu sampe skr, belum ada obat tikus yg kemasannya lucu, ada gambar doraemon.
      Kalo mikir yg cerdas dikit dong bung..!!

  20. obat tikus cap Meong, dijamin manjur sekali minum pasti mak cleng…. Baca aturan pakai jika sakit berlanjut hubungi Thole, jaos, mario, Sotoy

    • dudulz……
      kenapa tak sekalian menyalahkan Tuhan yg mEnciptakan sifat pelupa dan kebodohan pada manusia???.

      kita cuma end user, kita tak bisa seenak jidat kita mendikte pabrikan.

      Jika emang dasar user ceroboh, motornya mau dikasih fitur anti ceroboh, tetep aja celaka.
      Tapi kalo dasarnya smart, mengerti safety riding, meskipun pake motor tanpa fitur kurang berguna spt SSS, kemungkinan celakanya lbh kecil dibanding yg tdk tau safety riding.

      Kalo sampeyan biker sruntulan, gak paham safety riding, silahkan pilih yg ada SSS-nya, biar gak celaka waktu nyrunthul.
      Tapi jika sampeyan biker yg cerdas, berwawasan luas, tidak sruntulan, beriman, mengerti safety riding pake motor tak berfitur SSS jg gak majalah.

      • biarpun pitur sss cuma 0,01 % berpengaruh terhadap keselamtan tetap harus dipasang demi kepentingan konsumen apalagi 2 %,
        banyak kok pungsinya selain keselamtan contoh bisa matikan motor tampa menyentuh kunci terus kalo mw jalan lagi tinggal naikan setang langsun starter, karena sering kita berhenti cuma bentar aja di depan warung ato pinggir jln ato lgi nggu teman yg cm sebentar. ingat matik dalam keeadan berhenti sebaiknya mesin mati karena hemat bbm juga aman

      • Menurut saya tanpa sss bukanlah hal yang mengkhawatirkan.

        Bicara masalah jumlah biker seruntulan maupun ibu-ibu dan balita yang tidak menggunakan fasilitas umum dgn baik. Tanpa survei akurat pun dapat terasa bahwa keberadaan mereka yang tidak mampu beradaptasi dengan sistem kerap kali mengganggu pengguna jalan.

        Tapi bagi biker yang mampu menerapkan prosedur aman dalam berkendara. Fitur mesin mati otomatis sss malah dirasa mengganggu kepraktisan berkendara.
        kenyamanan kegiatan-kegiatan dalam zona aman menjadi terkorbankan. Urusan seperti memanaskan motor di pagi hari dan memasukkan motor ke garasi pada malam hari pun menjadi tidak sederhana. pada praktiknya cenderung membuang waktu dan energi.

        Menanggapi kebiasaan meninggalkan motor dalam keadaan menyala di lokasi yang aktif memang sangat berbahaya dan merupakan kebodohan jika dengan sengaja dilakukan atau kelupaan mematikan motor.

        Namun dengan fitur sss, ibu2 dengan belanjaan yang padat atau remaja puber bahkan pekerja yang aktif beresiko tinggi melupakan kunci motor tertinggal menancap di motor ketika motor telah mati seketika dengan fitur sss.

        sangat memungkinkan angka kerugian lebih tinggi daripada sekedar bonyok. karena kemungkinan terjadi gegar otak relatif kecil. hantaman yang dimulai dari kecepatan 0 berbeda dengan yang didapat dari tubrukan kecepatan tinggi.

        Lucunya, jika jatuh karena tidak ada sss kita bisa menyalahkan kebijakan pabrikan.
        kalau kunci ketinggalan dan lalu motor hilang karena kemudahan yang diberikan oleh pabrikan org tidak mampu protes karena lebih memilih malu mengakui kesalahan karena tekanan sosial. Bahkan berakibat mengurangi rasa percaya diri. Padahal merupakan kejadian yang wajar terjadi pada tingkat otak yang sedang bekerja dalam kondisi kompulsif.

        mungkin benar2 lebih nyaman tanpa sss. karena kalau terjadi skenario yang tidak diinginkan setidaknya karakter bangsa kita yang suka menyalahkan2 mampu tersalurkan.

        Jika memang sangat gelisah dan membutuhkan fitur tambahan untuk pengaman maka tinggal pasang sendiri dgn harga yang relatif terjangkau untuk keamanan yang bernilai mahal.

        Untuk tips pemasangan cek link berikut :

        http://mymotobike.com/q_and_a/read_question/30371/Cara__Pasang_Side_Stand_Switch_di_Yamaha_Mio

        Sekedar menanggapi sebelum muncul tuduhan tidak bermutu. maupun tanggapan tidak berdasar. Saya bukan fby. di rumah saya ada honda scoopy, honda beat dan vario. saat ini sedang berencana membeli mio j untuk keperluan mobilitas keluarga.

  21. Sebenarnya semua kembali kepada safety riding masing2 rider, gw pernah liat rider lagi siap2 pergi sama keluarganya,metiknya kondisi mesin hidup, trus istrinya mao naik dibelakang agak ribet bawa tas ama gendong balitanya, tuh rider bantuin istrinya dengan megangin tas dengan posisi duduk sambil nengok kebelakang, tiba2 anaknya yg satu lagi naik didek depan tangan kanannya megang handle gas, dah kebayang apa yg terjadi tuh anak mlintir gas dan spontan tuh metik ndlosor gubrakkkkk… terdengar si bapak ngomelin anaknya….si ibu megangin kakinya yg lecet2…. intinya walaupun sudah SSS kalo kitanya ga waspada ya tetep aja celaka…. jadi mao metik SSS atao bebek kalo bawa balita didepan hati2 dgn jangkauan tangannya… waspadalah … keep safety riding…🙂

  22. Yang Paling penting Atittude kita berkendara bung mau pake S3 kek, S5 kek, + Air Bag +ABS kek kalo loe ‘Slonong Boy’, srunthal-srunthul, tetep aja bikin celaka diri sendiri dan pengendara lain.
    Gw sebagai konsumen kalo mau gw bisa modiv ‘Side Stand Switch’ made in dewek modal 30rb jg jadi, tapi kalo musti ganti cover bodinya yg kwalitasnya kayak plastik daur ulang (gampang pecah dan cpt kusam ) mjd lebih baik lagi biayanya berapa ya ? Kurang dari 30rb…….?
    Konsumen Cerdas beli yang Berkualiatas.
    Jangan mau ditipu ada ini… ada itu…., (mutu no seribuuuuuuuuu ?)
    Waspadalah-waspadalah…..
    Salam Damai Anak Jalanan, Tertib di Jalan, Gak Sruntulan, Selamat sampai tujuan, Safety Riding First !!

      • Bagi yang udah pikun (kakek-kakek yg suka lupa), mustinya jangan bawa motor sendiri mendingan di boncengin aja…hi…hi…. Gak ada jaminan pake SSS pasti selamat, Buktinya gw sendiri pake fitur SSS pernah juga hampir celaka anak gw yg 3,5 tahun tanpa sengaja mau turun dari motor lewat kanan sembari pegangan tuh handgrip tortle tetep aja nylonong (SSS cmn efektif matiin mesin) Pada kenyataannya sering kita lihat orang nurunin/naikin anak kecil kondisi motor tetep dibiarin nyala tanpa manfaatin feature SSS ini . So, dari kejadian tsb bisa disimpulkan bahwa feature SSS tidak begitu signifikan pengaruhnya.
        Yang paling penting sebetulnya adalah habbit kita dalam memperlakukan si ‘scooter’ ini, ada beberapa tips supaya kita aman (sorry bkn menggurui , cmn sekedar share pengalam pribadi ) :
        1. Nurunin/naikin sikecil dari arah kiri motor ( spy sikecil gak pegangan tortle), manfaat lainnya sikecil gak lsg di jalan tapi ke tepi jln.
        2. Sewaktu manasin motor , pastikan pake standar dua ( kalo sikecil betot gas motor gak langsung nylonong).

        the others , Bukan Hendy, Yamoha, atau si Suzy yang bikin kita celaka, tapi perilaku kita berkendara yang utama.
        Sekedar himbauan pada bro sekalian yg msh suka sruntulan / riding sembari SMS / stop lamp putih , sadarlah itu gak keren tapi alay.
        Peace…

  23. namanya juga YAMAHA dari dulu paling pelit sama fitur, apalagi ini kan bener2 buat keselamatan pengendaranya…apa yamaha seneng kali klo ada yang celaka….

    • dari dulu ampe skr, yamaha emang relatif pelit fitur dibanding honda. Terbukti dg tidak adanya fitur s3.
      Tapi dari dulu ampe skr, kualitas motor spt bodi honda relatif lebih pelit dibanding yamaha. Terbukti spt bodi honda gampang bergetar, gampang pecah, catnya gampang pudar.
      Mungkin untuk menekan harga jual.
      Kalo yamaha ato honda bikin motor yg berkualitas n berlimpah fitur, mungkin harganya akan lebih tinggi dibanding harga saat ini.

      Ini bukan BC, tp kenyataannya emang gitu dan udah kubuktikan sendiri gonta ganti motor kedua pabrikan diatas (daily use, bkn utk slonongan).

      Sekarang sbg end user tinggal pilih, mau yang pelit fitur tp kualitas motor scr keseluruhan lebih bagus, atau berlimpah fitur tp kualitas motor scr keseluruhan kurang bagus??

      Semua terserah anda.
      Pilihan anda tergantung selera dan kecerdasan anda.

  24. Ini anugerah loh…buat wong cilik seperti saya berati bisa bikin fitur SSS trus dijual masal….yg pasti konsumennya Y***ha, S****i dll….hohoho

  25. pada ga mikir buat wanita -___-
    kasian klw wanita karrier mau panasin mesin matiknya
    harus standar diri dlu
    apa lagi motor honda matik lbh berat dr motor matik yamaha
    pngalaman pribadi

  26. bukan kepedean mass…. yg namanya menawarkan produk ya emang harus pede, dan perlihatkan kelebihan.

    Contohnya Nte ngalamar gawe, pasti mamerin kelebihankan walaupun hati juga tau kita ada kekurangan.

    kalo untuk MEMBERI masukan untuk yamaha agar menambah fitur sih sah sah aja deh untuk kita. bahkan itu musti….

    kalo mengomentari masalah KEPEDEAN rasanya gimana gitu…. tpi itu pendapat sah sah aja sih, kita didunia bebas berpendapat iya ga’!!! pisss …..😀

  27. Menurut saya tanpa sss bukanlah hal yang mengkhawatirkan.

    Bicara masalah jumlah biker seruntulan maupun ibu-ibu dan balita yang tidak menggunakan fasilitas umum dgn baik. Tanpa survei akurat pun dapat terasa bahwa keberadaan mereka yang tidak mampu beradaptasi dengan sistem kerap kali mengganggu pengguna jalan.

    Tapi bagi biker yang mampu menerapkan prosedur aman dalam berkendara. Fitur mesin mati otomatis sss malah dirasa mengganggu kepraktisan berkendara.
    kenyamanan kegiatan-kegiatan dalam zona aman menjadi terkorbankan. Urusan seperti memanaskan motor di pagi hari dan memasukkan motor ke garasi pada malam hari pun menjadi tidak sederhana. pada praktiknya cenderung membuang waktu dan energi.

    Menanggapi kebiasaan meninggalkan motor dalam keadaan menyala di lokasi yang aktif memang sangat berbahaya dan merupakan kebodohan jika dengan sengaja dilakukan atau kelupaan mematikan motor.

    Namun dengan fitur sss, ibu2 dengan belanjaan yang padat atau remaja puber bahkan pekerja yang aktif beresiko tinggi melupakan kunci motor tertinggal menancap di motor ketika motor telah mati seketika dengan fitur sss.

    sangat memungkinkan angka kerugian lebih tinggi daripada sekedar bonyok. karena kemungkinan terjadi gegar otak relatif kecil. hantaman yang dimulai dari kecepatan 0 berbeda dengan yang didapat dari tubrukan kecepatan tinggi.

    Lucunya, jika jatuh karena tidak ada sss kita bisa menyalahkan kebijakan pabrikan.
    kalau kunci ketinggalan dan lalu motor hilang karena kemudahan yang diberikan oleh pabrikan org tidak mampu protes karena lebih memilih malu mengakui kesalahan karena tekanan sosial. Bahkan berakibat mengurangi rasa percaya diri. Padahal merupakan kejadian yang wajar terjadi pada tingkat otak yang sedang bekerja dalam kondisi kompulsif.

    mungkin benar2 lebih nyaman tanpa sss. karena kalau terjadi skenario yang tidak diinginkan setidaknya karakter bangsa kita yang suka menyalahkan2 mampu tersalurkan.

    Jika memang sangat gelisah dan membutuhkan fitur tambahan untuk pengaman maka tinggal pasang sendiri dgn harga yang relatif terjangkau untuk keamanan yang bernilai mahal.

    Untuk tips pemasangan cek link berikut :

    http://mymotobike.com/q_and_a/read_question/30371/Cara__Pasang_Side_Stand_Switch_di_Yamaha_Mio

    Sekedar menanggapi sebelum muncul tuduhan tidak bermutu. maupun tanggapan tidak berdasar. Saya bukan fby. di rumah saya ada honda scoopy, honda beat dan vario. saat ini sedang berencana membeli mio j untuk keperluan mobilitas keluarga.

  28. ƗƗaƗƗaƗƗa..

    Ada yang blg kalo pake SSS nanti kelupaan kunci dimotor..

    Menurut pendapat saya, lebih baik motor yang hilang dari pada nyawa yang melayang..

    Jaman semakin canggih, dimana ada fitur safety, itu harus diterapkan, motor saya saja Mio Soul, saya pasangkan fitur SSS, -+50rb(termasuk ongkos pasang) motor makin safety..

    Ada yang bilang bgmn kalo wanita mau panasin motor dipagi hari, panasin motor cukup 1menit dan cara panasin nya saat duduk di motor🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s