Ayo Kita Dukung Pelek dan Spion ber SNI..!!!

sni-wajib-kendaraan-2012.jpg

Upaya yang dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menciptakan keamanan dan kenyamanan pada sepeda motor patut kita apresiasi. Penerapan standarisasi pada komponen sepeda motor merupakan langkah yang sangat tepat. Rencananya pelek dan Kaca spion akan diterapkan standart nasional indonesia (SNI). Seperti ditulis eyang Edo disini , SNI Wajib kaca spion yang berkode SNI 2770.2:2009 itu, bakal dibarengi dengan SNI wajib produk lain yakni kampas rem, batere sepeda motor, klakson, filter, dan lampu-lampu. Sedangkan SNI Pelek mulai Mei 2012. Dalam hal ini terlihat bahwa kementerian perindustrian juga ikut menyokong keselamatan berkendara.

Saya optimis dan mendukung 100% upaya pemerintah menerapkan aturan tersebut, optimis kalau melihat sekarang sudah tidak lagi ditemukan helm “gayung” dan sekarang sudah wajib helm ber SNI meski banyak juga SNI jadi jadian. Paling tidak helm gayung yang dahulu marak sudah hilang dari peredaran. Dan tentunya kedepannya pelk dan spion. kampas rem, batere sepeda motor, klakson, filter, dan lampu-lampu juga akan berjalan. Dengan semua serba SNI, salah satu faktor penyebab kecelakaan bisa dimininalisir. Karena seperti diulas eyang Edo, sepeda motor paling tinggi keterlibatannya dalam kecelakaan lalu lintas jalan. Tahun lalu, keterlibatannya hingga 72%. Ada sekitar 120 ribuan unit sepeda motor yang terlibat insiden kecelakaan. Secara keseluruhan, korban tewas akibat kecelakaan tersebut sekitar 31.185 jiwa.

helm_cetok.jpg

Terakhir, implementasi aturan dilapangan dan pengawasan harus benar benar diperhatikan. Karena besar kemungkinan ada praktik mengakali ketentuan yang ada. Karena dalam menghadapi bermacam macam karakter pemotor, perlu adanya aturan yang tegas dari Pemerintah. dan tak lupa juga pihak kepolisian juga ikut tegas, jangan hanya tegas kalau dompetnya kosong. Semoga dengan aturan standarisasi tersebut angka kecelakaan bisa ditekan.

22 thoughts on “Ayo Kita Dukung Pelek dan Spion ber SNI..!!!

  1. Wah, kalo beberapa part motor ada yang gak SNI bisa dijadikan ceperan waktu razia neh,,, baut pun SNI, jadi baut posh dll variasi kena tilang

  2. sni makin mantap tahun ini ,tp klu cuaman buat alasan minimalis kecelakaan aja rasanany kurang tepat .
    masalah kecelakanan berasal dari keteledoran pengendara klu sekamin seikit pengendara motor pasti kecelakaan berkurang.
    klu pemerintah mau kasih fasilitas umum yg nyaman untuk masyarakat indonesia ,pengendara motor/mobil semakin sedikit kecelakaan semakin berkurang juga mengurangi polusi dijalan.

  3. YANG JELAS YANG NGERAZIA JANAGAN ” P O L I S I ” = ” K O R U P S I “. BIARPUN DARI UJUNG AWAL -AKHIR SNI PASTI 1000% JADI LADANG

  4. Klo di tempat Ane jalan bnyk yg gak mulus marka jalan dibuat se enaknya aja, kenapa koq pemerintah gak memikirkan itu dahulu. Walaupun pelk ber sertifikasi SNI bahkan SNELL tapi klo musuhnya lubang2 jalan yg gak SNI ya tetep kalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s