Apakah Honda Mulai Ngos Ngosan..??!!!

logo-honda-motor-2011.jpg

Bro/sist sekalian yang berbahagia, kalau kita cermati hingga awal bulan kedua di tahun 2012 Honda masih kelihatan adem ayem. Sangat berbeda dengan Yamaha yang terus menyerang melalui produk baru,serangkaian promosi dan pemberitaan. Kondisi ini tentu berbeda dengan tahun lalu dimana Honda yang menyerang habis habisan Yamaha. Lantas ada apa diawal tahun ini Honda masih terkesan santai santai saja. Coba kita kupas ala kadarnya khas obrolan warung kopi yang isinya kadang ngawur.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa CB tangkap perihal duduk manisnya Honda di awal tahun ini. Pertama tentu penjualan di bulan Januari. Mungkin Honda sudah memprediksi bahwa penjualan Honda masih aman dari kejaran Honda. Betul bro, di satu sisi Yamaha mulai aktif merilis dan menyerang Honda di awal tahun. Tentu hasilnya nggak akan kelihatan langsung. Lagian Mio Fino dan Mio J belum resmi dijual di Januari.

ahm_01.jpg

Kalau begitu bisa jadi bulan bulan berikutnya bisa saja Honda disalip Yamaha. Mungkin saja, tapi bisa dikatakan produk Honda juga baru. Banyak yang rilis tahun kemarin, secara umur produk Honda belum bisa dikatakan kadaluarsa. Masih bisa mengimbangi produk Yamaha. Pun begitu produk fresh dari Yamaha ditahun ini masih bisa diimbangi Honda. Seperti New Jupi White yang masih bisa diimbangi New Blade. Fino yang bekerja keras melawan kekuatan first mover scoopy, Mio J yang masih merintis mindset injeksi.

Kedua, bisa saja Honda lagi mengamati dan membaca permainan atau serangan Yamaha. Honda lebih memilih bertahan dulu sambil mencari celah untuk melakukan serangan yang efektif. Bisa diibaratkan kalau di sepak bola suatu tim memilih bertahan dan mengandalkan serangan balik yang mematikan. Satu serangan yang bisa menghasilkan gol jauh lebih bernilai dari lima serangan tapi menghasilkan satu gol. Kalau memang benar Honda menerapkan strategi tersebut, tentu sangat jauh berbeda dengan tahun 2011. Atau mungkin kalau kita berpatokan pada tahun 2011 dan 2012, anggap saja sebagai babak pertama dan kedua. Di babak pertama Honda menyerang habis habisan dan menghasilkan banyak gol, lalu dibabak kedua memilih bertahan mempertahankan scor. Strategi tersebut memang sudah jamak dilakukan di sepak bola.

20110519spacy_1.jpg

Ketiga, bisa jadi Honda lagi ngos ngosan akibat tenaga yang terlalu diforsir di tahun 2011. Berapa produk yang dikeluarkan Honda di tahun 2011, seperti CBR 250&150, New Blade, Spacy karbu dan injeksi, Supra 125 helm in karbu dan injeksi, belum facelift Vario dan Scoopy. Ditambah produk produk terdahulu macam Revo, Revo AT, Tiger, NMP. Karena semakin banyak varian produk semakin banyak pula kesulitan dalam mengelola atau memanage produk produk tersebut. Mulai dari promosi sampai produksi, yang mana yang harus diprioritaskan, mana yang harus dipertahankan dan mana yang harus disuntik mati karena sudah tidak menghasilkan profit.

Memang melihat sumber daya berlimpah yang dimiliki oleh Honda, sangat sulit memprediksi arah strategi Honda. Mungkin yang terpenting bagi Yamaha saat ini adalah mengambil celah dari Honda yang “rehat” sejenak untuk memaksimalkan penyerangan terhadap Honda. Karena sebesar apapun pabrikan pasti mempunyai titik lemah yang bisa dimanfaatkan untuk menyerang balik. Apakah Yamaha bisa memanfaatkan keadaan ini. Semoga saja..

Posted by Wordmobi

52 thoughts on “Apakah Honda Mulai Ngos Ngosan..??!!!

    • wkwkwk gua perhatiin komen bung thole dari sejak jaman purbakala di blog (thole ini termasuk manusia purba di dunia blogger – maksudnya orang lama gitu lho :D) tentang honda tidak pernah terbukti …hasilnya malah kebalikan Hondanya malah makin menjadi Raja sedangkan Yamaha semakin ke kuburan , sampe2 ymki pun sudah wafat :mrgreen:

      • Betul apa yang diomongin THOLE dari jaman bahela gak terbukti alias nol besar alias ngibul alias kegedean omoang doank…….
        Makanya kita yg waras senyum2 aja sambil nyemangati THOLE biar bcnya makin seru,tapi sayangnya bcnya gak terbukti………
        Jangan2 thole bekas jualan obat pinggir jalan nih……….*sumpah ngakak..

    • jenuh sudah pasti terhadap produk2 yg cm jual BC kwkkwkwkw…

      manusia itu pintar.. biar gak jenuh.. ya jgn jualan BC.. jual kualitas dong.. wkekekekke..😆

  1. Siklus hidup produk saat ini sekitar 4 tahun-an. Sepertinya durasi 2 tahun terlalu pendek untuk meraih untung maksimal. Tahun lalu sudah sangat banyak model baru. Mungkin beat dan tiger yang tahun ini perlu dipermak🙂

  2. ngos-ngosan…!
    sepertinya tidak…karena sabtu-minggu tetap masuk kerja…
    secara kapasitas sudah menang…tinggal maintain sambil meneropong..

  3. lagi sibuk ngurus trelis…
    yg aneh justru si yamaha…ngeluarin matik jor2an…tapi efeknya ko gk kena di konsumen
    hasilnya penjualan lapz 1 nyungsep..honda makin jaya

    yg anehnya lagi berbagai spyshot dan teaser mio j dll di dunia maya tetep gak ngaruh
    malah hasrusnya yg khawatir sih yamaha😀

  4. Honda rehat sebentar karna uda ngebut-ngebutan di taon 2011..
    nanti kalo dha okee,lanjut ageeee ngebutnya…
    walaw ge rehat,saingan nya juga lum bisa mendahului Honda…Honda uda jaoh didepan..
    saingan nya macii jaoooohhh di belakang..hahhahah…
    sambil rehat sambil mikirin strategi selanjutnya..Honda the best dha…

  5. jangan bandingkan Etos Honda yang Gede prestasi Tapi Pendiam daripada Etos si Yamaho yg Gede bacot tapi minim prestasi. sudah jelas beda level lha , bukannya begitu bung Thole:mrgreen:

  6. Pelan- pelan juga penjualan Honda terbukti tertinggi , yang ngos- ngosan mungkin kompetitorr,, gara- gara gak sanggup ngejarnya😛

  7. bebek , matik dah ditangan tinggal maintain & monitoring sembari membidik sport.
    selain membidik mungkin honda menyiapkan mainan baru buat iseng2 berhadiah.

  8. Ngos-ngosan sih sepertinya iy, karena terus menerus meningkatkan produksi tp Honda tetap punya tujuan yaitu demi kepuasan pecinta motor sepertinya. Namun Gwa sih berfikir positif pembeli lebih banyak pilihan dan alternatif

      • ga ada yg ga mungkin…

        lihat saja nokia vs samsung dahulu dan sekarang…

        dahulu hp samsung dicemooh krna sparepart sulit..

        tp diiringi produk bagus harga murah… sekarang samsung jelas mengungguli nokia… karena nokia MEMPRODUKSI PRODUK MINIM FITUR HARGA MAHAL…
        tau kan artinya…

  9. emang bener honda lagi ngos-ngosan, gara2 ketawa terbahak2 liat kompetitor berusaha ngejar honda sampe jatuh bangun tapi ga terkejar juga.

    “yang lain makin jauh ketinggalan” <—–wakakakaka

  10. Tunggu aja gebrakan dr Honda; Pasti Honda juga tidak akan diam untuk mengeluarkan produk baru sesuai dengan segmen yang belum ada; dan merfresh produk yang lama agar tidak terkesan jadul; So tunggu aja ya

  11. ying-yang strategi..
    tahun lalu sudah ying
    sekarang saatnya yang..

    stay cool dulu, krn produk kompi kurang kompetitif
    makanya launchingnya malu-malu (ato malu-maluin..)

    yg jelas si sayap mengepak catenacio dulu
    baru setelah lawan mulai masuk angin, baru total football!

    pasar indo = pasar pragmatis

  12. hehehhehehe..ngos2annya si sayap ngepak, ngos2san kemenangan yang dari jaman kakek gw gak pernah terkejar… Sayap makin mengepak tinggi gak kekejar, saatnya rehat dulu sambil mikirin strategi baru hingga makin gak terkejar…

  13. ahm sedang mikir gimana memproduksi produk dgn modal murah tapi di jual mahal…
    less cost and efisiency.. more tecnologi more cost product…
    itulah motonya…
    xixixixi

  14. Honda sepertinya sedang gencar ke promosi program motor ramah lingkungan (injeksi) & kampanye safety riding..
    Lebih bermoral ketimbang cuma bisa kebut-kebut seruduk & cari untung
    Harusnya produsen motor mulai pikirin efek ke lingkungan & sosial brooo

  15. Dibilang Ngos2an bukann, lebih tepatnya sedang mencari strategii bunk… dan kita tunggu sajaaaa kedepan nya , strategi apa yang akan diluncurkannya…

  16. Betul..ga ada istilah ngos-ngosan buat terus berkarya dan berusaha..kita liat gebrakan apa lagi yang akan dilakukan Honda..gw yakin banyak innovasi yang bakal keluar..Bravo..

  17. kayanya Honda tuh diem bukannya rehat … tp dibalik semua itu pasti lagi mempersiapkan lagi produk-produk yang lebih dahsyat…tunggu aja tanggal mainnya….

  18. Towewewewww.. Ngos-ngos san tertawa iyah…hehehehe… Tidak cukup hanya melihat produk yg ada.. di pasaran, siapa yg memberi service yg memuaskan, bisa jadi HOnda ttp menang, di penjualan,,
    Product pasti keluar, yah… eng ing eng aja… #kaya film kamen Raider…hahaha…

  19. Artikel yang baik, tapi melihat sekilas situasi pasar, benar Yamaha mulai menggeliat mengeluarkan 2 varian baru di barisan skutik, tetapi hal tersebut menurut saya belum cukup untuk menangkis inovasi” Honda muali dari FI nya sampai bagasi yang ekstra lebar.

    Salut untuk Honda

  20. Masih terlalu dini untuk menilai honda sedang ngos-ngosan sekarang. Mungkin analisis yang menyebutkan bahwa honda sedang melakukan penjajakan terhadap manuver dari para kompetitor seperti disebutkan diatas relatif bisa diterima mengingat angka penjualan honda yang masih memimpin secara nasional per tahun lalu.

  21. Wakakakak, dengan pabrik baru kapasitas 1.1 juta unit, Honda akan semakin mendominasi. TIdak dapat dipungkiri, AHM sebagai produsen Motor Honda di Indonesia, punya modal kuat dan segudang keunggulan yg tidak dimiliki kompetitor. Maju terus, berikan yang terbaik dan rejekinya pun akan yg terbaik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s