Mana Yang lebih Sukses Segment Anak Muda dan Wanita VS Segment Segala Umur..??

editing-iklan-fino.jpg

Bro/sist sekalian yang berbahagia, CB masih ingat kala membaca artikel di Jawapos mengenai tulisan “mbahe” marketing Hermawan Kartadjaya. Intinya artikel tersebut adalah manjakan perempuan, karena segment perempuan begitu gemuk. Tapi tentunya segala informasi tidak boleh ditelan mentah mentah, karena kala itu bukan ngebahas motorsport tapi bisnis pada umumnya. Mungkin kalau dihubungkan dengan strategi Yamaha di segment skutik bisa nyambung.

Bagaimana Mio juga diposisikan memanjakan konsumen wanita. Sampai Mio tidak pernah absen mensponsori gelaran Putri Indonesia. Yang paling terbaru adalah Yamaha Mio Fino yang dideklarasikan sebagai skutik fashionable khusus wanita. Tentunya tidak hanya sampai disitu, strategi tersebut bisa dikembangkan menjadi wanita dan anak muda. Tidak bisa dipungkiri, segment wanita dan anak muda dewasa ini sangat gemuk. Apalagi ditunjang tayangan sinetron yang mendidik anak muda menjadi hedon dan konsumtif. Miris sebenarnya melihat fenomena tersebut, tapi didunia bisnis yang bagaimana sebuah produk harus laku tentunya situasi tersebut bisa dimanfaatkan. Disini peran orang tua dan lingkungan sangat besar.

sydrive20121.jpg

Kembali ke segment anak dan wanita, hal itu coba diikuti oleh Suzuki. Awal Februari ini Suzuki mencoba menyegarkan tampilan Skydrive. Penambahan warna dan
striping baru SkyDrive ini ditujukan untuk membidik
segment remaja. Berbeda dengan Honda yang masih belum “berani” menampilkan warna warna yang ngejreng. Sangat wajar jika Honda masih mengandalkan warna dan striping yang universal. Dengan menguasai pasar, terlihat Honda masih ingin bagaimana produk mereka bisa diterima semua golongan. Dari remaja sampai dewasa dan dari lelaki sampai wanita.

Kita kembali ke Suzuki, cukup tepat Suzuki memakai strategi membidik segment anak muda. Dengan penjualan yang begitu saja, Suzuki harus berani tampil beda. Salah satunya adalah berani bermain warna dan striping. Mungkin melihat Yamaha yang kala itu 11-12 dengan Suzuki, tapi dengan keberanian membuat produk yang fresh khas anak muda membuat Yamaha menjadi kekuatan baru. Puncaknya ditahun 2008-2009, dimana kala itu market share Yamaha menempel ketat Honda.

honyam.jpg

Last, menarik memang mengikuti perkembangan dan persingan ketiga atpm raksasa. Suzuki dan Yamaha mulai mencoba start lagi mengejar ketertinggalan dengan Honda. Menariknya lagi Honda juga berambisi menguasai 60% market share. Hayoo..siapa yang lebih dahulu mencapai target, apakah Suzuki dan Yamaha bisa kembali menempel ketat Honda, ataukah malah Honda yang berhasil lebih dulu menguasai 60% market share dan semakin jauh meninggalkan Yamaha dan Suzuki. Atau dengan kata lain strategi membidik segment wanita dan anak muda vs strategi membidik segment segala umur mana yang akan lebih dulu tercapai targetnya.

Pict tabel: ambil tanpa permisi mbah dukun

Posted by Wordmobi

14 thoughts on “Mana Yang lebih Sukses Segment Anak Muda dan Wanita VS Segment Segala Umur..??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s