Skutik yang Semakin Massiv, Bagaimana dengan Bebek Apakah Masih Lezat..???!!

editing-iklan-fino.jpg

Bro/sekalian yang berbahagia, awal tahun 2012 dibuka dengan pemberitaan skutik yang sangat massiv. Mulai dari Vario 125, Mio j, Mio Fino sampai Scoopy pun ikut terbawa. Sesekali pemberitaan diiasi oleh motor sport. Kalau kita cermati, pemberitaan soal bebek cuman sekali yakni New Jupiter Z, tapi sejatinya bukan motor baru melainkan warna baru saja. Lantas melihat kondisi saat ini dan bocoran seputar motor baru bebek, kira kira bagaimana masa depan motor bebek itu sendiri.

vario125.jpg

Sejauh yang CB tau, rumor dari Yamaha belum ada bocoran tentang bebek baru. Pun begitu Suzuki, adapun menurut bocoran yang beredar Honda akan merilis bebek tapi bebek sport yang notabene bersegmentasi anak muda. Apakah perlahan bebek mulai digusur secara perlahan oleh atpm, dan beralih ke skutik seperti karburator yang secara perlahan namun pasti diganti dengan injeksi.

grafis-market-share-bebek_3.jpg

Padahal segmen bebek masih dibutuhkan bagi sebagian kalangan. Fungsionalitas dan kenyamanan masih menjadi daya tarik sendiri bagi bebek, terlepas banyaknya oknum penunggang bebek yang sruntulan. Tapi kalau dilihat dari segi irit, ban yang lebih lebar yang membuat bebek lebih nyaman dibanding matic untuk perjalanan jauh plus harga yang masih dibawah motor sport membuat bebek masih layak dimiliki.

bebek-goreng.jpg

Memang tidak dapat dipungkiri dewasa ini popularitas bebek semakin tergerus oleh skutik. Peta market motor berubah semenjak skutik mulai diperkenalkan, nggak drastis tapi pasti. Last, apakah kedepannya bebek masih diperhatikan oleh setiap atpm, dan apakah bebek masih gurih atau sudah mulai “anyep” (hambar .red)

Di tahun 2005, dengan total penjualan sepeda motor di Indonesia yang mencapai 4,98 juta unit, bebek meraih penjualan 4,48 juta. Tapi dengan kehadiran skubek, hanya dalam kurun waktu 5 tahun, market share-nya turun drastis jadi hanya 46 persen saja di tahun 2010. Secara angka penjualan, sepeda motor tipe bebek memang terus stagnan di angka 3 juta unit tiap tahunnya. Tapi pasar secara keseluruhan terus meningkat dan sepeda motor jenis skubek ternyata jauh lebih diminati. Di tahun 2010, saat total pasar mencapai 7,21 juta unit, sepeda motor tipe bebek hanya mampu terjual 3,32 juta unit atau menguasai 46 persen market share. Sedang skubek mencapai 47 persen dengan 3,37 juta unit. “Ditahun 2011, diperkirakan total pasar sepeda motor akan mencapai 8 juta unit. Kontribusi bebek diprediksi tinggal 40 persen, sedang 50 persennya adalah skubek,” (otomotifnet)

Posted by Wordmobi

23 thoughts on “Skutik yang Semakin Massiv, Bagaimana dengan Bebek Apakah Masih Lezat..???!!

  1. bebek ada selama permintaan dr konsumen.. sesuai hitungan profit produsen itu sendiri

    tp kalo dibanding2kan.. lama2 bebek teknologinya mendekati matic😀

  2. saya kira kalo untk harian d daerah yg gak terlalu macet,bebek mash gurih mas..
    praktis,irit bbm dbanding matic…
    saya lbh nyaman naek mtor bebek buat sehari2..ada kingkong yg larinya maknyos ud 2 bulanan ngandang d garasi..pake matic kalo bis ujan aja jalanan becek biar gak nyiprat ke kaki..

  3. BEBEK BELUR !..
    kata Maticer : ‘hari gini oper gigi, capee deh..
    dibalas ama bebeker n batanger : ‘matic.. hanya untuk yang rematik’

  4. selama konsumen masih pingin konsumsi bebek…bebek tetep maknyoosss aja…
    tapi kalo konsumen sudah mule jenuh konsumsi bebek,yaaa…bebek nya mungkin aja dijadikan matic…jadi,dengan inovasi terbaru konsumen ga jenuh teknologi cuma itu-itu aja….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s