Strategi Tidak Biasa dari Yamaha, Antara TPT dan Pengenalan Produk…

editing-iklan-fino.jpg

Bro/sist sekalian yang berbahagia, berita perihal Mio J dan Fino sudah sangat membahana dijagat maya. Foto foto eksklusif pun sudah tersebar, dan analisa bagi sebagian blogger sudah pada tahap berapa Fino dan Mio J akan dibandrol. Padahal seperti kita tau, notifikasi TPT dari kedua varian tersebut belum keluar. Lantas apa maksud dari strategi yang diterapkan oleh Yamaha.

mio-j-2.jpg

Memang unik strategi yang diterapkan Yamaha kali ini, sudah menjadi kebiasaan bagi Yamaha “bermain” dengan spyshoot. Tapi Fino dan Mio J ini lain bro/sist, Yamaha sudah memperkenalkan secara resmi kedua varian ini. Pun dengan “segmentasinya” yakni Fino Fashion, Fino classic dan Fino sporty. Ada dua kemungkinan yang bisa CB tangkap dalam kasus ini.

fino-copy.jpg

Pertama, Yamaha mungkin sedang melakukan terapi mindset kepada konsumen. Seperti kita tau bahwa scoopy sudah mengakar di mindset konsumen, sangat sulit jika Fino ujug ujug langsung dirilis tanpa diperkenalkan secara bertahap, terus menerus dan gencar. Dengan diperkenalkannya Fino dan Mio J yang TPT nya saja belum keluar, pasti membuat rasa penasaran para awak media terlebih blogger. Dengan begitu arah pemberitaannya pasti ke Fino maupun Mio J, dan itu mungkin bisa mendongkrak awareness product dari Fino Maupun Mio.

Kedua, sebelum berita tentang Fino dan Mio J, sangat gencar pembertiaan tentang Vario 125. Dengan positifnya respon pembaca maupun blogger, itu bisa saja mengalihkan pemberitaan tentang Fino dan Mio J yang segera dirilis. Sangat tidak menguntungkan jika Yamaha akan merilis sebuah produk tapi dijagat media pada rame ngebahas Vario 125 atau Honda. Disini Yamaha sadar mengandalkan rumor dan spyshoot yang sudah “kadaluarsa” saja tidak akan cukup membendung kepopuleran Honda maupun Vario 125. Yamaha harus melakukan langkah yang tidak biasa tapi bisa memberikan impact yang besar.

mio-j-putih.jpg

Ada dua keuntungan bagi Yamaha dengan diperkenalkannya Fino dan Mio j, pertama jelas terapi mindset Yamaha ke konsumen tersampaikan, kedua untuk sementara terapi mindset yang dilakukan Honda terhenti sejenak. Cukup cerdik dan kreatif langkah yang diambil oleh Yamaha dengan memanfaatkan sifat dasar manusia yang rasa ingin taunya besar. Tinggal menunggu langkah Honda selanjutnya, patut kita tunggu manuver yang dilakukan Honda guna menghentikan hegemoni pemberitaan Fino dan Mio J itu sendiri.

fino2-copy.jpg

Sementara mungkin hanya dua hal dari sekian banyak kemungkinan yang bisa CB tangkap perihal kasus Fino dan Mio J yang “terasa” akan dilaunching besok, padahal TPT saja belum keluar. Dan menurut desas desus, TMC memperkirakan Fino akan dirilis 25 januari 2012 dan Mulai diproduksi Februari
2012, Sedangkan Yamaha Mio J baru akan diproduksi Bulan Maret 2012.
Semoga berguna..

Posted by Wordmobi

31 thoughts on “Strategi Tidak Biasa dari Yamaha, Antara TPT dan Pengenalan Produk…

  1. Yamaha terlihat cerdik dlm menjalankan strateginya utk Mio Fino, ane setuju dgn analisa mas bro. Tapi yg perlu diingat bahwa kalau terlalu lama munculnya neh Mio Fino rasa ingin tahu konsumen jg lama kelamaan akan pudar. So…Yamaha hrs bergerak cpt. Dilain pihak Honda jg ga mau tinggal diam, pastinya Honda jg sdh menyiapkan strategi utk mengcounter kehadiran Mio Fino.

  2. Ati2, virus inden. Pastikan ready stok di dealer2, percuma kalo ada orang punya duit, datang ke dealer yamaha trus stok kosong. Kalo cash 3 bulan lagi. Kalo kredit 2 minggu datang. Pasti cabut dari dealer, trus lari ke dealer tetangga. Soalnya ini jualan motor kelas masyarakat awam. Yang cuma ngerti dikit2 power Hp motor, torsi, ergonomis, injection dan 3S.

  3. yamaha dari dulu gitu, waktu vixion, byson, lexam, R15 pake spyshoot. klo honda langsung counter atack dengan melaunching vario 125, mantab

  4. Mio J bagi honda bukan ancaman,,,,,,,Yamaha malah bingung mau launching kapan dan dg harga berapa, mereka tahu bahwa melawan vario 125 berat. Sedangkan Fino bagi AHM akan ditunggu dibandrol berapa oleh Yamaha, Disini AHM wait and see sambil nyiapain scoopy yg di perbaharui (sdh Helm in, permainan warna dan injeksi), begitu harga fino nongol scoopy lsg di keluarkan versi terbaru…..

  5. Ping balik: Fino mendompleng popularitas Mio…???? « HRMยฎ Corp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s