Blogger Bagaikan Dua Mata Pisau yang Sangat Tajam Bagi ATPM…!!!!

blog_logo1.jpg

Bro/sist yang berbahagia, dewasa ini Blogger semakin diakui eksistensinya khususnya di bidang otomotif. Selain sebagai kontrol “media”, blogger juga sebagai pengontrol sejumlah kebijakan atpm. Tidak hanya itu, sejumlah blogger juga mulai dilibatkan dalam even penting atpm. Maka tidak heran banyak sekali blogger muda bermunculan. Ada hal yang menarik ketika CB berkelana mencari ilmu baru, yakni ketika berhenti di tempat ilmu yang dinamakan taktik sun tzu.

Banyak hal luar biasa yang bisa CB dapatkan ketika sedang membelajari sun tzu. Disini CB tidak akan bahas taktik sun tzu, selain masih belajar, bukan kapasitas CB menshare taktik tersebut. Karena CB sadar masih hijau di ilmu tersebut. Tapi ada hal yang bisa CB garis bawahi, salah satunya yang menyebutkan bahwa ketika mau memenangi pertempuran maka kenalilah dirimu dan lawanmu kemudian eksploitasi kelemahan lawanmu. Oke kita batasi disitu dan kita hubungkankan dengan keberadaan blogger terhadap atpm.

Disini blogger berdiri ditengah tengah antara pertempuran yang dilakukan oleh atpm. Seperti kita tahu, banyak macam karakter blogger. Dari yang hanya reblogging sampai yang kritis berdasarkan pemahaman dan pengetahuannya. Memang setiap atpm pasti punya tim sendiri yang bertugas menganalisa kelemahan dan kekuatan kondisi internal dan kompetitor. Tapi kadangkala atpm kesulitan mencari celah kelemahan kompetitor.

bootknifedagger.jpg

Dan disinilah blogger mulai beraksi, dengan hubungan baik dengan orang dalam biasanya ada clue yang disampaikan secara implisit dan eksplisit tergantung karakter bloggernya. Secara langsung maupun tidak langsung blogger juga turut mengeksplor kekuatan dan kelemahan dari suatu atpm. Ada sisi positif dan negatif dari sebuah analisa yang dijabarkan blogger bagi atpm.

Sisi positifnya adalah, atpm bisa mengetahui beberapa kelemahan yang diungkap blogger melalui analisanya, dan itu bisa menjadi senjata yang ampuh bagi atpm untuk menyerang kompetitor. Sisi negatifnya adalah kelemahan atpm juga bisa diketahui oleh kompetitor dan diketahui luas oleh publik. Mungkin banyak bro/sist semua pernah dengar bahwa ada salah satu proyek peluncuran produk baru yang sebenarnya masih dirahasiakan, akhirnya tercuri secara tidak sengaja dan dilempar ke blogger dan booommm..proyek yang masih rahasia diketahui oleh kompetitor dan publik luas. Padahal bisa saja karyawan mengabadikan lewat foto lalu diberitahukan ketemannya yang notabene blogger.

Bisa saja dengan begitu, musuh yang seharusnya diserang bisa ada waktu untuk bertahan atau justru menyerang sebelum diserang. Harus diakui, blogger sebagai agen word of mouth bisa sangat cepat menyampaikan informasi, tidak pandang bulu dengan hits blogger yang bisa dikatakan sedikit. Blogger kecil juga punya rekan blogger besar, sudah bisa ditebak kan jikalau informasi penting tersebut sampai kepada blogger besar.

word-of-mouth.jpg

Last dalam kasus ini Blogger seperti dua mata pisau yang sangat tajam bagi atpm. Disatu sisi bisa sangat menguntungkan atpm, satu sisi bisa sangat merugikan dan bikin “kepotok’an” bagi atpm. Jadi berbanggalah anda jika menjadi blogger, secara tidak langsung anda sudah masuk dalam lingkaran bisnis dengan skala raksasa.

Tapi ingat bro/sist, pandangan ini dalam hal blogger sangat berpengaruh bagi atpm dilihat dari sun tzu, hanyalah sebutir nasi dari sepiring bahkan sebakul nasi yang ada. Tentunya masih sangat banyak macamnya strategi yang digunakan oleh atpm. Dan salah satunya mungkin tidak ada kaitannya dengan blogger. Masih banyak faktor juga yang menentukan suatu produk akan diterima pasar atau tidak.
Semoga bermanfaat.

Posted by Wordmobi

30 thoughts on “Blogger Bagaikan Dua Mata Pisau yang Sangat Tajam Bagi ATPM…!!!!

  1. itu kenapa gw suka jajan diwarung lu… gak cuman rebloging berita berita baru seputar r2, tapi lu punya karakter n sudut pandang sendiri…

    sukses selalu, gbu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s