Membuat Desain Motor yang Keren itu Susahnya Minta Ampun…!!!

cs1_21.jpg

Bro/sist sekalian yang berbahagia, desain memang salah satu faktor penting bagi sebuah motor. Selain fitur, strategi pemasarannya, performa sampai brand bentuk desain menjadi salah satu acuan konsumen ketika akan meminang sebuah motor. Percuma punya performa luar biasa jika desain motor itu sendiri sangat jelek. Bahkan setiap atpm pernah gagal dalam mendesain sebuah motor.

Seperti Honda yang pernah gagal lewat Kirana dan CS1. Padahal performa Kirana dan CS1 boleh dikatakan handal dikelasnya. Yamaha yang gagal membuat desain New Jupiter Z. Suzuki yang gagal ketika merilis Arashi. Dan Kawasaki yang gagal merilis ZX 130. Padahal performanya nggak sememble desainnya. Memang hal yang paling sulit ketika akan membuat sebuah motor adalah desain.

suzukiarashibigr.jpg

Karena bicara desain pasti bicara selera, dan selera setiap konsumen pasti berbeda. Disitulah kesulitannya, tiap atpm dituntut untuk bisa menggeneralisasikan selera konsumen. Bagaimana sebisa mungkin banyak konsumen suka. Karena mungkin bagi atpm desain itu abstrak. Kalau dituntut untuk memperlengkap fitur mungkin bagi atpm adalah hal mudah. Karena fitur jelas dan persepsi orang tentang fitur sama.

86459818_d.jpg

Misal fitur RDB, semua sepakat RDB adalah fitur dari motor. Pun begitu AHO, semua juga sepakat AHO adalah fitur dan itu bisa dilakukan semua atpm. Tapi kalau desain, bagi desainer mungkin bagus. Tapi belum tentu bagi konsumen. Dan harus kita acungi jempol ketika desainer dari atpm berhasil membuat produk sejuta umat, seperti Mio, Beat maupun Vario. Para desainer tersebut berhasil menyamakan persepsi bahwa Mio, Beat itu bagus. Dan itu terbukti dengan larisnya penjualan Mio maupun Beat. Last, sepertinya kalau bisa kita harus mengurangi kebiasaan kita mengolok olok motor dengan desain yang bisa dikatakan jelek. Karena membuat motor dengan desain yang bagus itu sulitnya minta ampun. Bahkan atpm sekelas Honda dan Yamaha pernah mengalami hal tersebut.

Posted by Wordmobi

17 thoughts on “Membuat Desain Motor yang Keren itu Susahnya Minta Ampun…!!!

  1. setuja bang cb, klo desain sebenernya itu lebih ke selera pribadi masing2 aja seh. tpi klo ane mah desain nomer sekian seh bang prinsipnya he nyang penting, prioritas :
    1. Quality (Engine/Chassis/Body/Suspension-Swing Arm/Velg/etc) msti lebih baik,
    2. Performance (Power/Torque/Accelerate sebanding dengan kapasitas mesin yg ditanam),
    3. Technology (gk perlu canggih2/gk perlu banyak2 amat juga, nyang penting bisa terasa manfaatnya, sehingga tidak terlalu mubazir jikalaupun emang ada).
    4. Price (harga yg masuk akal, sesuai kantong juga)
    5. desain (sebagus apapun desain (5) klo ke 4 faktor tsb diatas yg menurut pendapat saya pribadi kurang/belum terpenuhi maka tetap value for moneynya akan menjadi sedikit yg didapat.

    itu klo dilihat dari kacamata seorang konsumen (khusus saya pribadi), karena beda kepala beda juga pemikiran. dan bisa jadi akan berbeda pula jika dibandingkan dengan prinsip orang lain.
    hanya pendapat pribadi aja gan hehe:mrgreen: . pemilihan topiknya bagus sekali gan sip banget.

  2. Bagi konsumen Indonesia, no.1 desain, no.2. Irit, no. 3. fitur, no.4 harga. Masalah kualitas, performance, teknologi (beda sama fitur)… urusan belakangan. Larisnya motor Honda sudah membuktikan hal itu !!!

  3. paling sip, desainer survei dulu ke lapangan,kalo perlu ke blogger:mrgreen: , model kayak gimana sih yang diinginkan user roda 2 a.k.a biker??
    setelah dapet sedikit gambaran desain, baru deh merambah lain-lain, kayak engine, fitur, warna, harga dkk…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s