Suzuki yang Aneh Bin Unik..Out of the Box yang Gagal kah..???!!!

20110315-hayate-1.jpg

Bro/sist sekalian yang berbahagia, Suzuki memang atpm yang sangat unik dan aneh. Mulai dari strategi pemasaran, produk sampai sparepart. Sebenarnya diatas kertas, teori yang dipakai Suzuki harusnya bisa menjadikan Suzuki sebagai atpm yang besar (besar dalam maksud penjualan laris), tapi kenyataannya hingga kini Suzuki masih dibuat bulan bulanan Honda dan Yamaha. Ada apa sebenarnya dengan Suzuki.

Kita korek sedikit fenomena aneh tapi nyata dari Suzuki. Pertama, seperti dilansir otomotifnet bahwa penjualan bebek Suzuki lebih laku daripada Skutik. Total bebek Suzuki sepanjang 2011 terjual 361.554 unit, tapi skutik Suzuki hanya terjual 124.523 unit. Mari kita bandingkan dengan Honda yang bebek hanya terjual 1.668.695 unit, sedang skutik mencapai 2.381.926 unit. Begitu juga dengan Yamaha yang bebeknya terjual 1.182.012 unit sedang skutik nya mencapai 1.644.165 unit. Sungguh fenomena yang aneh bukan. Disaat trend skutik mengalahkan bebek, Skutik Suzuki malah lesu.

skywave-vs-skydrive_3.jpg

Lantas apa yang menyebabkan Skutik Suzuki kurang diterima dipasaran. Kita bicara kelebihannya dulu, soal kualitas dan kenyamanan sudah tidak perlu diragukan lagi produk produk dari Suzuki, kalau dibanding Honda dan Yamaha disini Suzuki lebih unggul. Soal desain skywive, skydrive juga cukup bagus. Hanya spin yang desainnya terlihat sangat kaku. Diatas kertas seharusnya Skywive, skydrive maupun Hayate bisa bersaing dengan skutik Honda dan Yamaha, tapi kenyataan dilapangan berkebalikan.

suzuki+spin1.jpg

Menurut hemat CB, desain Skywave, skydrive maupun hayate kurang bisa mengena di anak muda. Desainnya terlalu dewasa, kalau semua konsumen di segment dewasa lain lagi, karena untuk keluarga skydrive dkk lebih nyaman. Tapi pasar berbicara lain, desain yang menyisir anak muda lebih diterima, orang dewasa yang berjiwa muda pun pasti memilih desain yang sporty dan fresh.

Hanya spin yang bisa diterima anak muda. Tapi sayang, keputusan tidak populer dari Suzuki dengan menyematkan mesin 125cc sepertinya kurang proporsional dengan badannya yang kecil. Itu diperparah dengan desain yang sangat kaku. Jelaslah Spin dilumat sama Honda dan Yamaha. Suzuki memang sering menerapkan strategi yang out of the box, kalau kita flashback kebelakang ada FXR yang melampaui pada masanya. Dan sekarang disaat Honda dan Yamaha merilis skutik ber cc kecil plus monoshock, Suzuki menghadirkan Skutik ber cc besar dan mengaplikasikan stereo shock seperti Skywave dan Hayate.cmiiw.

2012-suzuki-nex-green.jpg

Dan kini Suzuki sepertinya jengah dengan kondisi seperti ini. Suzuki akhirnya “menyerah” dengan merilis Nex. Sepertinya Suzuki akhirnya menuruti pasar dengan meluncurkan Skutik ber cc kecil dan berdesain yang anak muda banget. Bahkan Nex cenderung nge Beat. Kita lihat saja lebih ampuh mana strategi out of the box ala Suzuki sama strategi “pasaran” ala Honda dan Yamaha. Kalau Nex melebihi ekspektasi Suzuki berarti strategi “pasaran” lebih laku dibandingkan out of the box. Tapi kalau Nex lagi lagi kurang bersinar berarti Suzuki harus mengambil sikap seperti Kawasaki, yang fokus pada motor sport yang mengandalkan motor dengan performa dewa seperti satria FU. Kita tunggu saja kelanjutannya..

Posted by Wordmobi

37 thoughts on “Suzuki yang Aneh Bin Unik..Out of the Box yang Gagal kah..???!!!

    • bisa jadi di negaranya sendiri, pandangan orangnya hampir sama dengan di negeri kita (mengenai merk tertentu ada yang fanatik,ada juga yg biasa2) jadi segala sesuatu harus selalu berkesan ekslusif serta bermerk terkenal. begitulah. dan bisa jadi juga beberapa survey mengenai merk yang dilakukan tsb tidak valid hasilnya.

  1. pihak SSuzuki lagi Kebingungan dengan Selera Pasar negri ini Cak,, di bikinin barang bagus gak pada gak mau..

    *sepertinya Suzuki perlu merilis produk sport sebagai flagship kali yaa..

  2. disign suzuki selalu mendahului masanya, tp klo yg sekarang parah anehnya ga kaya produk2 yg dlu, hehe…. *padahalsayaduluFBS….😛

    • Aneh nggaknya suatu produk kalau dari sisi desain sih tergantung selera yg menilai mas bro… Klo menurut saya desain2 produk Suzuki yg sekarang cukup elegan…. Kecuali Spin & Thunder, IMHO.

      • iya sih, tp itu kan pendapat pribadi saja mas bro, tp kan ga semua produknya yg aneh, kaya FU contohnya….

  3. Selamat malam.
    Perkenalkan mas, sy feri. Hendak minta saran ke blog cb. Bulan depan jika rejeki sudah ada sy hendak membeli sepeda motor. Tp sy bingung diantara new mega pro ataukah yamaha vixion. Keperluan sy untuk dpkai kerja daily. Dan kbtulan sy bkerja u/ menyalurkan dana d daerah, jd sbgian bsar wktu krja sy brkeliling dgn mtor.
    Gmn ni saran mas cb, dari segi kenyamanan, keiritan, performa, dan perawatan. Matur nuwun ya mas.

    • performa vixion unggul, kenyamanan nmp unggul. Soal perawatan kalau didaerah sampean sudah banyak dealer resmi Vixion juga gak masalah. Soal irit 11-12 tergantung cara berkendaranya. model Vixion unggul. Dan kalau dipakai dalam waktu yang lama Vixion unggul karena sudah injeksi. kalau sudah punya istri mending nmp, karena lebih nyaman nmp kalau buat boncengan. Kalau saya diposisi masnya, cukup simple saja, kalau saya masih single saya beli vixion, kalau saya sudah punya istri beli nmp. itu menurut saya loh🙂

  4. klo aku pikir, maslah lain bukan hanya model saja. tapi untuk spare part dari susuki ityu lho yang sulit. bagaimana konsumen mau melirik klo untuk menganti sparepartyang rusak saja musti inden, bahkan sampai ada yang berbulan-bulan. bacut jebol no motore…😀

  5. saya tetep pengguna tuh merek dagang, dan sampe saat ini logo S selalu menghiasi hidup keluarga saya…. I LOVE SUZUKI no matter what

  6. jika suzuki jeli ,HIDUPIN LAGI fxr dgan model baru,naked boleh lah. tunder jadiin aja super moto murah atau sekalian jadi big boy,buat trail 4t pake nama TS.axelo jadiin bebek retRO ,mumpung belum ada lawan.berani taruhan takjamin laris…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s