Mass Transportation Disaster…!!!

disaster_logo_by_link_leob.jpg

Bro/sist sekalian yang berbahagia, peliknya masalah trasnportasi di negeri tercinta ini memang sudah menjadi menu sehari hari kita. Macet, jalanan rusak ditambah dengan ulah pengendara yang semakin arogan sudah biasa kita saksikan dan kita alami. Tapi taukah bro/sist semua bahwa sebenarnya masalah transportasi kita sudah bisa dikatakan bencana. Bahkan bisa dikatakan bencana besar, tapi banyak dari kita yang tidak sadar bahwa kita sedang menghadapi bencana. Dan bencana apapun pasti timbul akibat ulah manusia, baik itu secara langsung seperti penebangan pohon maupun secara tidak langsung perilaku manusia yang semakin bejat dan akhirnya datang cobaan dari sang Raja Manusia lewat ujian bencana.

macet_2.jpg

Banyak komentar, umpatan, kritikan sampai solusi yang dilempar, tapi tetap saja belum bisa menyelesaikan masalah. Sebenarnya peliknya masalah transportasi kita bisa diselesaikan kok. Karena pada dasarnya bangsa kita sudah banyak mengalami bencana yang dahsyat, seperti gempa jogja, banjir situ gintung sampai yang terberat tsunami aceh. Tapi coba bro lihat kini, dengan kesabaran, ketabahan masyarakat yang terkena bencana, keseriusan pemerintah dan kesadaran masyarakat luas bisa membuat keadaan berjalan normal kembali.

gempa-tsunami-aceh-2004-masjid-agung-kokoh-berdiri.jpg

Seharusnya dalam menghadapi bencana transportasi kita mampu. Tapi dilemanya masyarakat kita tidak sadar bahwa sedang menghadapi bencana, setali tiga uang pemerintah pun tidak tanggap kalau peliknya masalah transportasi sudah bisa dikatakan bencana besar. Solusi dalam menghadapi bencana transportasi masal adalah bisa dengan menerapkan penanganan bencana seperti yang terjadi pada daerah bencana. Diperlukan action dari berbagai pihak dan element. Baik dari pemerintah maupun masyarakat harus bertindak sesuai porsi masing masing.

1839254620x310.jpg

Karena kalau satu pihak saja kurang pengertian maka, selamanya tetap akan seperti ini. Karena dalam menghadapi bencana besar SEMUA harus bahu membahu. Kalau ada yang komentar ah mana mungkin Jakarta tidak macet, ah mana mungkin jalanan bisa mulus semua, itu komentar dari seseorang yang tidak mau keluar dari bencana. Menghadapi tsunami saja bisa kok, masak menghadapi bencana transportasi massal tidak bisa. Sulit memang, tapi bukan berarti nggak bisa kan. So, kalau pemerintah bikin aturan 3 in 1 ya jangan dilanggar, jalur busway pun jangan diterobos. Begitupun pemerintah dan rekanan, jangan korup dalam pengadaan proyek pembangunan jalan, misal ketebalan aspal yang seharusnya 5cm jangan dibuat 3cm, karena dalam proyek apapun sangat rawan yang namanya mark up harga dan pengurangan kualitas atau material. Bus yang gak layak pakai harus segera dipensiunkan. Selama peraturan dilanggar dan pengadaan proyek yang “ngawur” selama itu pula mass transportaion disaster masih menimpa kita. Masih mau mengalami bencana..???!!

Posted by Wordmobi

18 thoughts on “Mass Transportation Disaster…!!!

  1. peraturan dibuat untuk di langgar itu kali y pripsip sebagian besar orang di Indonesia, klo kaya gt trs gmn mau maju, memang kesadaran orang dsini msh rendah mas, apa lagi petinggi2 di negeri ini kayanya cmn memperkaya diri saja dan tidak memperdulikan rakyatnya…. ya gt lah pokoknya, hehe…

  2. kalo bencana berati di butuhkan kondisi gawat darurat aka siaga satu,,,
    paling ngak ya ada bencan berati tanggap bencana,,,

    trs dibuatkan sistem peringatan dini,,, biar korban tidak makin banyak,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s