Yamaha yang Kereeenn dan Honda yang Pintarrr….!!!

vs.jpg

Bro sekalian yang berbahagia, Bicara mengenai Yamaha pasti langsung tertuju ke motor motor keren. Memang mayoritas desain Yamaha cakep cakep, seperti Vixion, Mio, Xeon maupun Byson. Memang sih ada yang jelek akan tetapi masih banyak yang keren. Apalagi kalau di kompare sama kompetitor secara head to head. Ok sebelum kita bahas lebih jauh kita batasin dulu bahwa kita hanya bicara desain dan fitur, dan mengkompare antara Yamaha dan Honda yang notabene seteru abadi.

Kita mulai dari Mio dan Beat, secara desain Mio lebih unggul tapi kalau bicara fitur Mio kalah telak. SKS ( secure key shutter ) dan side stand switch adalah fitur yang tidak dipunyai Mio. Kemudian lanjut ke Byson dengan NMP, secara desain NMP terlihat “buruk rupa” kalau dibandingkan dengan Byson yang memiliki auro moge. Dengan tapak lebar plus desain mini moge membuat Byson sangat macho. Tapi fitur RDB NMP cukup membuat Byson tampak “cacat”.

byson-vs-nmp.jpg

Melihat pemaparan diatas, antara Yamaha dan Honda mempunyai kelemahan dan kelebihan masing masing. Dan seharusnya baik Yamaha maupun Honda bisa menutupi kelemahannya sehingga bisa membuat produk yang “perfect”. Desain keren plus fitur lengkap. Dan itu sudah dimulai oleh Honda dengan merilis New Blade, di kelasnya New Blade bisa dikatakan sempurna. Dengan desain yang ciamik plus fitur yang ok, tidak heran jika New Blade berhasil memukul New Jupiter Z.

Dan Yamaha juga sudah memulai dengan Mio J. Walaupun belum dirilis, menurut spyshoot yang sudah beredar Mio j sudah dilengkapi dengan SKS. Kalau Yamaha jeli, kasus Mio bisa dijadikan pelajaran dan bahan pertimbangan. Dimana di tahun ini Beat beberapa kali berhasil menyalip Mio yang hanya mengandalkan desain. Desain Mio yang dulunya sangat cantik perlahan konsumen mulai Bosan. Bisa diibaratkan desain sama halnya seperti Tampang atau rupa, sedangkan fitur seperti otak. Tampang bisa luntur, dan sifat dasar manusia yang mudah bosan bisa jadi batu sandungan bagi Yamaha yang hanya mengandalkan tampang. Tapi kalau fitur tak lekang dimakan waktu, kalaupun bisa itu membutuhkan waktu yang lebih lama daripada desain.

Posted by Wordmobi

59 thoughts on “Yamaha yang Kereeenn dan Honda yang Pintarrr….!!!

  1. gw akuin yamaha emang paling jempolan soal model.paling kereen. tp gw udah bersumpah ga akan berurusan sama yamaha. 2 kali mo beli motor ditolakin terus sama dealer2nya. gara2 cuman mau beli cash. “sorry pak, kalo cash paling cepet 3 bulan, tapi ga janji, kalo mau kredit paling lama sebulan barang dianter”. Lapor ke YMKI ga ditanggepin. Shame on you Yamaha!!!

  2. pilih yang pinter dunk…
    One Heart always…
    napaen uga pilih yang jual tampang doank…wakkakakakka…tampang oke..tapiii……

  3. Tetap ternyata walaupun ga terlalu keren tp ternyata pinter, Honda emang mantabs…secara Brand melekat banget di mindsetnya pengguna motor. Makanya ga salah klo pengguna lebih memilih motor yang pintar ketimbang motor keren, iy g mazbro

  4. karena model yamaha sangat segmented (bener ya gini), sedangkan Honda lebih luas, sehingga modelnya memang tidak begitu anak muda banget, tapi ga begitu untuk orang tua juga..jadi yamaha memang lebih mengarah pada anak muda yang lebih mementingkan keren modelnya dan bodo amat sama fitur & teknologi….sedangkan honda modelnya siapa aja bisa pake…dan tidak mengarah anak muda aja yang bisa pake tapi wong tuo juga bisa pake..

  5. Ada juga sih design honda yg lebih keren shg barangnya juga lebih laku.
    Seperti vario techno vs xeon
    Atau tiger yg pake mesin tua tapi tampang lebih oke daripada scorpio.

    Sayang yamaha tidak/belum masukkan r15, kan bisa diadu tampang secara langsung sama cbr150.

  6. numpang urun rembuk ya bro..transportasi rumah-kantor tiap hari ane naik motor. Dan selalu saja nemuin style biker yg bermanuver layaknya di sirkuit. Bukan cm beresiko buat si biker ybs tp jg bs ngebahayain pngendara lain. Lama jg ane merenung mencari akar masalah/pnyebab sikap ugal2an dah ksimpulan mengarah pd mindset si biker dlm membanggakan motornya. Tanpa menyebut merk, kira2 apa aja ya yg bisa ngurangin sikap ugal2an bikers. Maaf ini skedar opini n ane tertarik blog ini yg doyan menganalisa.trims ya bro

  7. Intinya untuk Y*m*h* jgn angkuh dan bebal kalo mau menggeser h*nd*. ingat pepatah pembeli itu raja. jgn LEBAY dan berALIBI dgn “motor yang lebih mahal pake rem belakang tromol lebih cocok daripada motor yang lebih murah pake rem cakram belakang”.

  8. RC110R Rider pada Januari 6, 2012 pukul 3:35 pm berkata:
    Haha new blade tampang oke plus pintar ya???haha ga salah dah pilih motor…-Bangga-
    ——————-
    Ha Ha Ha … New Blade Tampang oke ( Bangga juga jadi tukang duplikat, Body nggak streamline, designer nya nggak ngerti arti Streamline di Motor Balap, Apa cat motornya sudah ganti teknik pengecatannya biar tahan terhadap cuaca ! )
    Pintar …. Disk Brake belakang untuk motor harian yang bodynya ringan dan cc nya hanya 110 !!! ( Emangnya designernya nggak ngerti kalau Disk Brake Belakang itu bahaya bila di pakai di motor yg ringan apalagi bila yg pakai motor orang awam atau kena pasir di tikungan … bisa benar2 jadi pembalap tuh joky … ha ha ha … )
    ————–

  9. Selain Model & Fitur seharusnya perlu juga di masukkan di pembahasan masalah Power ( Kapasitas mesin ) dimana rata-rata motor Honda kalah Kapasitas Mesinnya dibandingkan Yamaha🙂
    Beat 110 cc VS Mio 115 cc
    Vario 110 cc VS SOUL 115 cc
    Vario Techno 110 cc VS XEON 125 cc Fitur : Forged Piston & Diasyl Cylinder
    New Blade 110 cc VS New Jupiter Z 115 cc

  10. @Boncel:
    *Haha emangnya situ sekolah ampe seberapa jauh bos???kok bereni-beraninya ngemeng kalo bodi new honda blade yang diriset insinyur2 Jepang, Indo & Thailand ga streamline??Kamu udah tes di laboratorium??TAU DARIMANA????Asal situ tau semua motor di diriset habis-habisan dg teliti sebelum dipasarkan ndes begitu juga new Honda Blade….Aku pakai ni motor ga pernah yang namanya nampeg angin…malah dengan spek power yang harusnya lebih kecil dari motor tetangga motorku jika beradu selalu ninggalin jauh…Aku kira streamlinenya berpengaruh besar disini !!!!
    *Masalah RDB???Dasar Oon dikasih lebih malah ngatain bahaya???sekarang ente liat pemakai supra x yang ndlosor gara2 RDB apa ya banyak???malah aku gak pernah denger kabarnya????Tromolpun kalo direm di jalanan berpasir ya ndlosor???ente bagaimana???
    pengalamanku sendiri waktu inreyen New Bladeku emang RDB “terlalu” responsif..pernah “sekali” ngunci, itupun hanya sekali karena injeknya kedaleman…dan sekarang setelah lewat 3000km RDB lancaaaaaaaaaaaaaaaaar, sekalipun ga pernah ngunci bos…malah lebih pakem…!!!

    • Kenapa mesti tanya sekolah sampai kelas berapa ?
      Kalau pernah sekolah di SMA / SMU jurusan Fisika harusnya tahu pelajaran soal Streamline itu ada di Text Book SMA / SMU. Nggak perlu sekolah tinggi2 untuk belajar soal Streamline kecuali bukan berasal dari Jurusan Fisika.
      urusan sepele soal Streamline yg ada dasar teori nya di text book SMA / SMU & bisa di searching di internet nggak usah bawa2 soal riset Jepang segala mubazir & kelihatan kalau logikanya nggak jalan.
      Body yg streamline itu harus mulus tanpa ada pemecah angin nya ( Seperti motor / mobil balap). Di Honda Beat / New Blade ada sisi yg runcing yg menjadi pemecah angin ( Bukannya membiarkan angin itu mengalir mengikuti bodynya ).
      Kalau hal ini saja teknisi Jepang tidak mengerti … Sungguh kasihan sekali. Coba searching dulu di Text Book Fisika atau googling dulu di Internet.
      Coba lihat di Motor2 luar, ada berapa banyak motor yang ber cc kecil yg menggunakan RDB ? Dan motor itu dipergunakan dimana saja ? di Jalanan Umum atau di Dunia Balap ? Kenapa ada jarang sekali motor2 ber cc kecil menggunakan RDB ?
      Coba Baca review berikut ini :

      http://indobikermags.com/2011/01/27/abs-dtc-sliper-clutch-itu-cuma-alat-sisanya-skill-rider-itu-sendiri/

      http://www.yamaha-vega.or.id/?mod=forum&sub=view_thread&id=23976

      Maaf, mungkin Anda perlu belajar soal etika berdiskusi / berdebat & Etika di Internet ( Netiket ) karena anda tidak seperti orang yg cukup terpelajar cara bberdiskusi / berdebat nya & Tidak mengerti Netiket ( Maaf, seperti bukan orang terpelajar karena banyak menggunakan kata makian & berbicara hanya berdasarkan pengalaman / logika pribadi ).

    • Ya benar, kalau mau keren maka strippingnya harus bagus & sering diganti ( Tapi stripping baru juga harus bagus dan mengikuti mode ).
      Bukannya dunia motor mengenal mode stripping seperti one full color, Jarum black, Cat Pelangi, Two Tone Color, Air Brush, Cutting Stiker,
      Yang penting Stripping baru harus sesuai dgn mode yg berkembang atau mode yg lebih baru / Pencetus mode baru yg bisa diterima pasar & tampak keren ( Cool )
      Apa kah membuat motor keren itu salah !
      Manusia selalu berusaha tampil keren. Dari Baju ( mirip stripping ya🙂 ). Sampai accesories seperti cincin, jam tangan, kalung bahkan sekarang gadget 🙂
      Masa motor juga nggak ikut tampil keren😉

  11. Setiap perusahaan pasti kan selalu mencari strategi baru di tahun yang baru pula di thn 2012 ini; Untuk yang inferior akan berusaha untuk melakukan Adopsi produk dan memberikan nilai lebih dr produk superior; sedangkan untuk yang superior akan berusaha untuk improvement dan high tech sesuai dengan kebutuhan konsumen

  12. Yang paling peka terhadap keinginan pasar dan segera meresponinya, yang akan memenangkan pasar, so harus smart, bukan cuma pintar dan keren saja.

  13. @Boncel:
    haha asiiik ada orang panas disini…sekarang ga usah bicara masalah penglihatan saja, toh kalo anda bicara masalah penglihatan aja SAMA AJA BOHONG man??
    Pelajaran SMA itu cuma DASAR, itupun masih pengenalan..jangan bawa2 teori yang terlalu dasar di dunia praktek…..ilmuwan jepang dah makan asam garam mslh streamline, mereka ga sekolah cuma 9 tahun???tapi puluhan tahun + pengalaman
    Riset itu dilakukan secara mendetail dan suDAH BENAR2 DI TES saya ulangi lagi, di TES baik lewat laboratorium maupun jalanan, bukan hanya penglihatan orang awam menilai streamline..tajam tajaman segala????jet darat F1 serba tajam bos!!! Lagian kalo anda benar2 tahu new honda blade memiliki ground clearance yang relatif lebih rendah dibandingkan motor lain…prinsip motor semakin rendah groundclearancenya maka akan semakin stabil dia dalam membelah angin…nah loh logika siapa yang ga jalan???
    masalah RDB….heh mas honda itu jualan motor kan???pengen motornya laris kan???gimana kalo dagangan biar laris???kudu ngerti keinginan konsumen kan????nah ga usah berpikiran negatiflah RDB kudu dipakai di motor balap segala???RDB malah banyak untungnya dipakai di motor harian cz RDB lebih awet dan pakem…..Tuh kalo sampeyan lihat New Jupie MX juga pake RDB skrg..nek sampeyan mau ngeles powernya lebih gede dr blade..kok Scorpio 200cc ga pake RDb yah????masih bisa ngerem pakem kan???kalo takut Njungkel gara2 RDB terlalu pakem…Masalah kepakeman itu mah udah ada setelannya, sudah diperhitungkan smua itu..lagian itu cuma satu kaliper…teknologi sekarang dah berkembang…gak usah parno bakal ngunci..kan jaman udah maju???
    untuk masalah etika berdebat saya yang agak kurang sopan saya mohon maaf karena saya adalah anak muda yang terlalu bersemangat :-)….Semoga perdebatan kita ga merusak tali silaturahmi antara kita…dan bermanfaat bagi kita dan orang banyak..amiiiiin

    • Panas !!! Mungkin ya juga sih kalau lihat kata2 sebelumnya yg nggak pakai Netiket.
      Saya nggak cuma bicara masalah penglihatan saja tapi juga ada dasar teori yg saya ambilkan dari review di web & Buku Fisika. Buku SMA memang dasar tapi dasar akan dirubah apabila sudah ada teori baru atau ada teknik baru yg sudah tidak sesuai dengan teori dasar tsb. Selama dasar teori itu tidak di rubah itu artinya masih valid.
      Coba perhatikan kembali posisi pesawat tempur dan kegunaannya.
      Honda memang jualan motor, jualan motor itu yg diperlukan hanya satu kata TERJUAL. Jadi supaya terjual harus mengikuti mode yg berkembang & lihat segmen pasarnya. Kalau Modenya lagi Matic maka harus produksi Matic lebih banyak, Kalau modenya Sport ? Kalau Modenya Fitur ? Kalau modenya Keren ?
      Jadi nggak usah dikait2kan antara riset pabrikan yg mau jualan & riset untuk suatu system yg lebih baik. Tujuannya beda🙂
      Ground Cleareance yg lebih rendah memang lebih baik tapi juga harus dilihat proporsional bodynya ( Hal ini lebih mudah dilihat di mobil balap ).
      Saya sudah kirimkan review soal RDB, tolong dibaca yg detail & dibahas / di diskusikan kembali melalui review tsb.
      Berdebat / Diskusi adalah hal yg wajar di dunia pendidikan & bisnis yg penting masuk akal & ada dasarnya & sesuai rule yg berlaku. Bukan hanya asal cuap2🙂
      Peace Bro … fokus on basic

  14. Wiiiiiiiidddddiiiiihhhhhhhhhh…… Keren VS pintar?? ini dilema yah..(kaya lagu aje..hehe) masalhnya liat dari tingkat penjualan z,, brrti masyarakat brbcara.,,EHEUUUMMM … sepertinya jika melihat tahun 2011, HONDA yah yg menjadi juara podium,,( Ampe MOTOGP di sabet juga..wedun..) mgkn hepotesanya bhwa masyarakat indonesia ini sudah berpikir pintar (eitss bukannya ga keren yah,,hahahha) …mungkin nanti slogannya sama kaya “minuman tolak angin”,,, (Orang pintar , pake HONDA…hahahah maksaa)

  15. Keren Vs Pintar..tema yang bagus nih. Skrg jamannya bukan mengikuti hawa nafsu, tp pemikrian yang cerdas dengan menggunakan otak yang baik..sama hal nya klo pilih kendaraan..model udh bisa di bilang ga ngaruh untuk keadaan skrg..yang terpenting kualitas oke, irit bahan bakar dan harga yg terjangkau.

  16. Wakaakaa…bagus masbro dari judul nya aja udah pengen ketawa bacanya..so siapa ya yg pintar. banyak faktor tentunya ..jaringan yang luas dan terpercaya. Masyarakat sudah kenalnya klo motor ya HOnda..aplg ditambah dgn kualitas dari motornya yang oke. Selain itu dari marketing dan pemasarannya yang jitu. Ini salah satu faktornya. Siapapun bisa menjadi produsen tapi belum tentu. Bisa menjalankan bisnisnya dengan ya “Pintar itu “. Bravo …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s