Wahai Pemerintah.. Kanzen si Motor Nasional Sebenarnya Bisa Booming..!!!

kanzen.jpg

Bro/sist sekalian yang berbahagia, ngobrolin dunia otomotif khususnya roda dua pasti pikiran kita langsung klik ke atpm jepang. Big four Jepang Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki, itu ditambah dengan India dan Italia. Lantas kemana Indonesia..?? Mbohh..:mrgreen: . Sebenarnya ada produk lokal asli Indonesia yang saat ini masih kebang kempis yakni Kanzen .cmiiw. Sebenarnya kalau kita cermati banyak kok yang menyuarakan atau mengharapkan Kanzen bicara banyak di negeri tercinta ini. Yah minimal target pertama ialah setara dengan India Bajaj dan TVS.

Tapi lagi lagi karena faktor pemerintah kita yang lagi “banyak pikiran” jadinya produk asli dalam negeri jadi kurang perhatian. Lantas apa bisa Kanzen berbicara banyak, bisa banget bro. Apa nggak butuh biaya yang sangat besar, belum bangun pabrik, belum bangun dealer resmi dan tetek bengeknya. Okelah mari kita coba “mensiasati” permasalahan utama yakni modal dan pemasaran.

Kalau Pemerintah serius, sekali lagi kalau Pemerintah serius mengangkat Kanzen cukup mudah kok. Nggak usah dipikir terlalu njlimet, yang penting action dulu. Pertama soal modal, menurut hemat CB sebenarnya Pemerintah bisa banget mencari sumber modal, investor yang siap sebenarnya tak terhitung. Asal jangan dari negara asal atpm raksasa saat ini, karena bisa menjadi penghalang. Dana hibah yang “berceceran” diluar pun tak terhitung nilainya. Mungkin kalau orang politik atau pemerintahan CB yakin ngerti. Coba bro liat pengadaan proyek pemerintahan yang nilainya bisa mencapai triliunan rupiah, toh Pemerintah bisa mengusahakan.

kanzen+roadwin.jpg

Ok, sumber dana sudah ada (sebenarnya), lantas bangun pabriknya bagaimana. Pertama bisa menggandeng perusahaan terkait. Seperti proyek mobil nasioanal yang dirakit oleh siswa SMK yang menggandeng PT.Kiat.cmiiw. Kemudian tahap selanjutnya adalah jaringan 3s. Untuk langkah awal tidak usah bangun dealer yang besar. Cukup seperti Bajaj, sewa ruko sudah jalan. Soal bengkel resmi, bisa menggandeng bengkel non resmi sebagai mitra kerja. Berdayakan bengkel bengkel kecil yang ingin berkembang, sebenarnya skill dari bengkel bengkel kecil sangat bisa diadu dengan bengkel besar. Tapi karena terkendala modal bengkel kecil sulit berkembang. Keuntungan menggandeng bengkel non resmi adalah mereka sudah punya alat, tinggal menambah yang kurang.

Setelah berjalan barulah pemerintah membangun sedikit demi sedikit dealer dan bengkel resmi yang besar. Rekrut lulusan SMK dibidangnya tentunya harus ada mekanik senior yang mengawasi. Terakhir soal pemasaran, dengan brand yang sangat “marginal” apa bisa langsung diterima. Kita melupakan pangsa pasar terbesar pemerintah yaitu PNS, betul jumlah pegawai negeri sipil yang mencapai 4 juta bisa dimanfaatkan. Buat gerakan penggunaan motor dalam negeri. Misal golongan 3a keatas diwajibkan beli Motor Nasional. Tentunya dengan kredit. Kredit di Pemerintahan sangat jauh dengan perusahaan leasing. Buat bunga paling rendah, kalau perlu tanpa bunga.

Daripada pengadaan motor motor jepang kalau bisa motor sendiri why not. Memang intervensi Pemerintah sangat penting, toh itu demi kebaikan bangsa sendiri. Tapi semua itu ada syarat mutlak yang harus dipenuhi Pemerintah. Motor Nasional yang dihasilkan harus setara dengan motor jepang dalam segi kualitas. Soal desain serahkan pada generasi muda yang sebenarnya punya bakat bakat luar biasa. Pastinya mereka bisa membuat desain yang diterima pasar. Mungkin bagi PNS yang dipaksa beli Motor Nasional akan menggerutu, tapi kalau desain sesusai dengan mereka dan setelah mencoba Motor Nasional hasilnya kualitas dan performa sama dengan produk jepang, rasa “mangkel” dalam hati pastinya sirna dan berganti dengan pujian.

Jadi sebenarnya untuk membuat dan mengangkat motor nasional, kalau Pemerintah serius pasti bisa. Toh banyak sisi positif yang bisa diambil, bisa menciptakan lapangan kerja baru yang sangat banyak. Karyawan pabrik, karyawan dealer, dan karyawan bengkel. Masyarakat kita untung dapat motor bagus harga terjangkau sekaligus menambah lapangan pekerjaan dan bangsa kita juga untung. Jadi inget iklan Pertamina, Kita Untung Bangsa Untung:mrgreen: .

Last, tentunya itu hanya toeri yang jika dilakukan pasti ada hambatan. Tapi nggak mungkin kan sebuah usaha tanpa hambatan. Kalau sebelum kita melaksanakan sudah mikir hambatannya dan akhirnya tidak jadi, ya anda harus “krasan” jadi pengangguran terus. Setiap usaha pasti ada masalah, dan masalah pasti ada solusinya, dan solusi tersebut pasti bisa menghasilkan sesuatu
Semoga didengar Pemerintah🙂

Posted by Wordmobi

70 thoughts on “Wahai Pemerintah.. Kanzen si Motor Nasional Sebenarnya Bisa Booming..!!!

  1. kualitas kanzen harus ditingkatkan biar bisa bersaing, sekarang ini produk kanzen masih spt mocin, cat yg cepet pudar, finishing kurang rapi. Modelnya menurut saya jangan terlalu out of the box, sebenarnya kanzen taurus modelnya bagus (cuma bagian kepalanya jelex), tinggal ditingkatkan R&D nya, marketingnya. Soal mesin gpp njiplak mopang (biar ga kesulitan spare part), bodi ATM (amati, tiru, modif) yg lg laku. Gpp dicap plagiat, yg penting kualitas jgn kyk mocin. Toh nanti ke depannya Kanzen harus punya produk flagship sendiri (tugas R&D).

  2. klo msh mengandalkan pemerintah..jangan harap ms bro!intinya kanzen harus privatisasi,bukan gaung motor produksi nasional harus asli seluruhnya indonesia yang dikembangkan..tapi benchmark nama kalo kanzen adalah dari Indonesia itu yg msti dikembangkan..contoh rolls roice, semua orang tau kalau merk tu berasal dari inggris kn..tp sebenarnya BMW dr jerman yang memiliki sahamnya..sama seperti KTM yg skrg lg bnyak dibicarakan, semua meyakini brand KTM adalah Austria, tp sbenarnya India yg punya sahamnya..dgn cr sprti itulah nanti dunia br sadar klo sbnrnya Indonesia jg punya merk tertentu walau tidak 100% dimiliki tp semua tw klo kanzen adalah Indonesia
    http://www.niwira.com

  3. ganti namanya, jangan kanzen. kesannya kok kaya mocin ya… IMHO. ganti nama yg lebih indonesia… misalnya “HARTO” ato “TARDJO” hehehe…. mungkin bisa diulas lebih dalam lagi mas soal motornasional ini. biar nggak cuman pada ngomongin produk baru dari motor jepun….

  4. nama garuda pernah dipakai, mocin, dan berantakan…
    dan Timor juga pernah dipakai, akhinrya malah jadi negara merdeka…
    pakai nama satwa lokal aja deh… lepas dari garuda dan maleo

  5. wah GARUDA udah di pake ya??? padahal ini nama yang paling cocok dengan monas, kalo bisa buat yang sekualitas indihe dulu deh ya gpp… gw dukung!! pasti gw beli untuk ngedukung n jadi FBG…hahaha, pengen bangga dengan produk lokal

  6. padahal sempet minat ama kancen ultima.. keren dah, cb diawali dg pemakaian kanzen utk sluruh kendaraan dinas di Indonesia.. promo dan pembuktian kpd masyarakat. keren dah

  7. Kalau PNS ‘dipaksa’ harus beli, kayaknya janganlah mas, kasihan. kenapa tidak di beli pemerintah aja, jadikan kendaraan operasional bagi aparat pemerintah (plat merah). kayaknya itu lebih bagus daripada ‘memaksa’ PNS untuk membeli.
    Kalau jadi kendaraan operasional pemerintah kan malah lebih bagus, karena bisa sampai ke pelosok2 di luar jawa juga. sekaligus untuk membuktikan ketangguhan produk motor dalam negeri……

  8. Setuju banget, pemerintah (oknum) dah di bungkem sama duit ATPM, bertahun tahun indonesia hanya jd buangan industri jepun dll, kapan Indonesia punya kendaraan Nasional. Masak kalah sama malaysia ato china. Majulah Indonesai, bangkitlah industri dalam negri, banggalah dengan produk dalam negri

  9. pemerintah mana mau ngurusin hal kek ginian, merpati aja yang jelas-jelas milik pemerintah dah nggak bisa “terbang” karena “patah sayap”. Disuntik dana habis terus, mending disuntik mati aja sekalian………
    harus mandiri donk, lebih banyak yang mau diurus, jangankan ini, bbm aja pelan namun pasti mulai dikurangi subsidinya……….

  10. wah,kalo pengusaha2 di indonesia kebanyakan males mikir,bisanya usaha yg mudah2 aja,g perlu pake otak,cukup mentok di usaha bikin real estate,bikin apartement,bikin mall,g punya otak kreatif dan terbelakang..
    usaha2 jenius seperti esemka dan kanzen hanya akan berjalan di tempat,malah lebih layak di sebut home industri krn g ad cukup dukungan..
    sukur2 ada artikel ttg bagaimana merubah pemikiran primitif pengusaha2 indonesia untuk bisa berfikir lebih maju,lebih hi-tech,jgn cuma bisanya bikin rumah,apartemen atau mall2 saja..

  11. Temen ada yg punya pak masih bagus lho model kayak supra fit dah 5 tahun lebih masih oke aja…
    suerr lho…
    kualitas boleh diadu pokoknya dan yg pasti bangga pake motor indonesia kata temenku lho ya….

  12. Seandainya gw seorang milyuner. Akan gw beli semua saham Aprilia. kemudian gw beli juga perusahaan milik salah salah satu eks. menteri kita (lupa namanya siapa) yaitu salah satu ATPM di Republik Tercinta yg namanya adalah Kanzen. kemudian gw hidupin lg tuh pabrik Kanzen dan gw akan produksi motor dgn dibantu engineer dari Aprilia, dan yg terutama gw akan trainingkan para teknisi2 Kanzen ke pabrik Aprilia biar basis motornya gak mocin lg tapi basis motor eropa. Trus gw akan produksi motor sport Kanzen rasa Aprilia alias Aprilia ber-cc kecil dgn harga yg merakyat. Tapi sayang semua itu hanya MIMPI!!!!!….

  13. Mana bisa pemerintah mikir yg beginian…. lha KPK saja belum tuntas membasmi para koruptor….. harusnya mencontoh cina tuh…. koruptor di hukum gantung…. lha di negri tercinta ini…. koruptor dapat remisi lagi…. walah3x… trs denger2x ada fasilitas mewah di penjara buat yg banyak duit….. wah3x …. terus di Papua itu ngapain coba itu emas kita kok di bawa ke negri paman sam….. harusnya pemerintah turun tangan dan says STOP EMAS PAPUA ADALAH EMAS KITA……. begini nih negri tercinta ini nggak maju2x….. mangkanya kalah sama malingsia itu negri tetangga…. paling ngapain mikirin motor nasional lebih baik mikirin perutnya sendiri sambil sikut kiri kanan ngangkut uang rakyat….. hehehehehehe mene ke tehe🙂

  14. merknya SLAMET oke tuh !
    Dulu Gw kira kanzen tuh motor cina ternyata indo toh ,,

    nb. body jgn plagiat dong , entar kasusnya sama dg mocin yg desain bodynya niru piaggio mp3
    rangka kalo bisa serat karbon mantapp :p

  15. Kanzen tu sebenarnya motor china (dr motorplus taon 2001 waktu smp),kemudian sahamnya sebagian jatuh ke Indonesia.Desain kanzen yg orisinal indonesia yaitu seri bebek trail.Dari taurus,ultima ma supermoto;kbetulan da tmen bengkel beli taon 2010.Murah cuman 5 jt,dah greng,part mesin sama grand

  16. apa lagi kalo kanzen bisa buat motor sport fairing macem CBR 150 atau R15 dengan tampang lebih keren, tenaga nya bejaban sama mereka sekitar 17,5 lah pasti gw beli ..

  17. Suatu Bangsa akan maju jika masyarkat nya akan cinta produk sendiri. Contoh nya india yg di pelopori mahatmagandi. Skrg india bisa buat motor bajaj dan mobil tata sendiri.

  18. baru ngeh kalo Kanzen made in Indonesia Om?
    lantas Viar katanya juga produk dalam negeri?
    apa benar itu?

    mungkin saat ini mindset “nde piupel of Endonesa” (termasuk Saya) masih terpaku dengan produk2 olahan jepang, dan menganggap Kanzen, Viar itu adalah produk olahan China.

  19. jujur saya mbrebes mili terharu baca artikel sampeyan mas…
    kita ini kehilangan kebanggaan terhadap bangsa sendiri, pola fikir kita benar2 di jajah, banyak orang pinter di negeri ini, juara olimpiade fisika aja bisa!!!tapi hasilnya???tetep nguli sama cino!!!
    saya pengen njeriiittt!!!muaaaakkkk!!!sama oknum anjing buduk di pemerintahan!!yg jual harga diri bangsa cuma untuk mobil sport anaknya yg manja!!!
    terus dukung mas walau cuma lewat tulisan di blog ini, walau tidak sepopulis jika membahas ploduk jepun!!
    saya bangga jadi merah putih!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s