Widiww…Tren Jiplak Menjiplak Mulai Mewabah Kembali..!!!

beat-vs-nex.jpg

Bro sist yang berbahagia, berbicara jiplak menjiplak sebenarnya kurang etis dilakukan. Kesannya kurang kreatif. Tapi dewasa ini hal tersebut sudah jamak dilakukan, tentunya ada trik khusus supaya kesannya nggak jiplak. Apalagi yang dijiplak sudah mempunyai paten. Hal yang paling wajar dilakukan adalah memodifikasi produk yang akan dijiplak. Sampai ada istilah “amati tiru modifikasi”.

Sekarang bagaimana dengan industri otomotif roda dua, apakah ada yang menjiplak. Tren jiplak menjiplak dimulai ketika era mocin meledak. Masih sangat jelas dipikiran kita rupa desain dari mocin mocin tersebut, dari astrea grand, supra, jupiter sampai mio pun kena jiplak. Bisa dikatakan hampir sama, sampai sampai sulit kita membedakan kalau tidak melihat mesinnya.

plagiat.jpg

Okelah “kejayaan” mocin memang sudah berakhir, lantas apakah tren jiplak sudah hilang. Sepertinya belum, bahkan kali ini dilakukan oleh sebuah atpm raksasa yakni Honda. Tapi Honda mengemasnya dengan sangat rapi dan cantik. Adalah New Blade langkah awal Honda “menjiplak” Jupiter Z. Tapi bagi Honda alasan merilis desain yang menyerupai Jupiter Z adalah untuk memukul Jupiter Z. Dan dengan sedikit ubahan plus penambahan fitur New Blade sukses meng KO Jupiter Z. Pada bulan November 2011 Jupiter hanya menyisakan 19 ribuan unit sedangkan New Blade tembus diatas 37an ribu unit.

Sekarang bagaimana kalau semua atpm melakukan hal tersebut. Dan langkah itu juga sudah diikuti Suzuki dengan meluncurkan Nex. IMHO, desain Nex sangat identik dengan Beat. Kesuksesan Beat yang beberapa kali memukul Mio menjadi pertimbangan Suzuki meniru desain Beat. Apakah kedepannya tren jiplak menjiplak bakal menjadi tren. Coba bro/sist sekalian bayangkan, Vixion dijiplak oleh Honda atau Suzuki. Bakalan gimana ya persaingan roda 2.

Sebenarnya Suzuki bisa mengambil celah disitu, dengan history Suzuki yang identik dengan motor performa dan keawetan yang handal, untuk langkah awal sah sah saja Suzuki “menjiplak” desain motor sport yang lagi handal. Kalau melihat tren yang akan booming, Duke bisa jadi referensi Suzuki untuk bermain kembali di segment sport. Pakai basic mesin FU saja yang sudah terbukti dilapangan. Melihat akhir akhir ini Suzuki kesulitan mendesain Motor yang diminati pasar.

new-blade-vs-new-jupiter.png

Pastinya ada efek negatif kalau terus menjiplak, tapi yang jadi pertanyaan apakah desainer selalu ada ide cemerlang membuat desain yang selalu diterima pasar. Kalau ada, tentu tak jadi masalah. Tapi kalau ide desainernya tumpul apa yang harus dilakukan. Untuk mampu bertahan mau gak mau harus menuruti pasar, salah satunya ya memodifikasi produk kompetitor yang sudah ada. Toh dewasa ini sudah jamak dilakukan oleh semua perusahaan tidak hanya otomotif saja. Seperti samsung galaxy s yang mirip iphone.

Berarti CB mendukung penjiplakan donk, ah nggak juga. Toh CB nggak pernah beli produk hasil jiplakan dengan harga yang hampir sama dengan produk aslinya kecuali beli dvd bajakan yang lebih murah tentunya:mrgreen: . Fleksibel saja sih, kita sebagai penjual mau gak mau harus siap dengan resiko dijiplak kalau produk kita laris dipasaran. Kalau ide/produk sampean gak mau dijiplak berarti sampean belum siap terjun di dunia usaha yang semakin keras.
Semoga bermanfaat.

Pict 1 : blogbikers.wp.com
Pict 2 : pak RT

Posted by Wordmobi

39 thoughts on “Widiww…Tren Jiplak Menjiplak Mulai Mewabah Kembali..!!!

  1. Menurutku desain nex ga sebagus beat.. bagian depan nex aneh bentuknya…

    kalo ada pabrikan mengamati, jiplak lalu modifkasi sebenarnya dulu TVS udah melakukannya dgn baik waktu bikin Neo 110 keluaran awal.. di Neo ada aroma desain Jupiter Z di body samping, aroma honda supra fit di lampu depan belakang dan aroma suzuki shogun/smash di tebeng dan sayap…

  2. kalo kita meliat sebuah desain, lalu kita adakan perubahan/modifikasi di 5 titik maka sudah tidak bisa disebut menjiplak. itu pakem yang berlaku

  3. selama konsep jiplak menjiplak, tidak menyalahi aturan, dalam artian tidak sama persis lebih dari 70%nya, serta tidak ada pihak yg merasa di rugikan baik dari sang kreator maupun orang lain yg memang mengijinkan hasil karya nya dijiplak oleh orang lainnya lagi, itu tidak apa2, tetapi akan lain lagi jika ceritanya yg menjiplak benar2 copy paste hampir 100% dari produk asalnya, dan itu sudah pasti akan kena gugatan hak cipta dari sang kreator pertama pembuat produk tsb.๐Ÿ™‚

  4. Yang paling parahhhh…kalo ngeliat crank case Nex dari belakang…bener bener honda banget…blast…apalagi pas bagian yg terhubung ke roda belakang, spyshotnya dulu juga pernah disangka motor honda…tapi bukti keberhasilan suzuki dari proses ATM, bisa melampaui yang ditiru karna berhasil lebih irit melalui unjuk ekor muri.

  5. kalo “Jiplak” itu sama persis plek ketiplek, ya kayak kasus Mocin. dari bentuknya, lekukannya, lancip2nya, dan yang lainnya.

    kalo ini menurutku gak Jiplak. ya seperti yang tadi dibilang, desain itu pasti bakalan itu2 aja, tinggal kombinasi dan garis2 tegas atau lengkung yang mau dimainin. selama gak plek, menurut gw sih wajar.

    tapi yang pasti, yang ngeluarin belakangan dan desainnya serupa, ya disebut “Peniru”. dan menurutku New Jupiter Z kalah dari New Blade cuma karna dari sisi “Rear Disk Breake”. Katanya sih keren, soal fungsi, tau dah…

  6. Sbenarnya fenomena ini jg terjadi di dunia gadget ga cuma di motor.Memang yg namanya desain akan mengalami yg namanya suatu titik buntu dimana terpaksa kita hrs mencontek,dgn alibi apapun.Klo mau desainbeda ya ciptakan desain yg nyeleneh seperti duke isalnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s