Salah Kaprah dalam Menanggapi Harga Suatu Motor Sport di Tiap Negara..!!!

harga.jpg

Bro/sist sekalian yang berbahagia, IMHO menurut CB banyak terjadi salah kaprah perihal harga motor di suatu negara dengan negara lain. Semisal harga motor di India beda dengan harga motor di tanah air. Kadangkala kita menelan mentah mentah informasi harga di India. Coba bro/sist semua perhatikan, ada beberapa kasus yang bikin kita mencak mencak melihat perbedaan harga yang terpaut jauh antara harga di India dengan di Indonesia.

Contoh harga CBR 250 di India 26juta sedangkan di sini dijual 39,9juta non abs. NMP atau Dazzler di India 11,5juta sedangkan di Indonesia sekitar 20jutaan. Harga Byson di India sekitar 13jutaan sedangkan di Indonesia sekitar 20jutaan. Pulsar 220 di India dibandrol 13,5 juta dan di Indonesia 18,6juta. Dan terakhir Ninja 250 di India dibandrol 52,6juta sedangkan di Indonesia sekitar 49jutaan. Melihat beberapa bandrol tersebut, berbeda beda kan jaraknya. Ada yang di tanah air terlihat operpress (cbr 250), ada yang standart dan ada yang lebih murah (ninja 250).

20110819-panjualansport-1.jpg

Kalau kita menelan mentah mentah pastilah range harga di India sama di tanah air bisa dikatakan jauh. Tapi sebenarnya banyak faktor yang melandasi. Biaya pajak dari motor tersebut ketika masuk sini, home base motor itu sendiri sampai market share dari segment motor itu sendiri sehingga negara mana yang lebih di utamakan positioning harganya. Jadi nggak etis rasanya kalau kita membandingkan harga motor sport di India dengan harga motor sport di tanah air.

Suatu misal R15 di India bisa dijual di kisaran harga 19jutaan. Kenapa kok Yamaha tidak membawa motor itu kemari dengan harga yang sama. Lah terus Vixion mau dikemanain. Contoh lagi CBR 250 di India bisa dijual 26jutaan kenapa di Indonesia nggak bisa, lah terus nasib Tiger dan CBR 150 bagaimana donk. Jadi kita tidak perlu iri dengan India yang mayoritas harganya jauh lebih murah daripada di negeri tercinta ini. Karena bisa jadi nilai mata uang kita pun beda dengan nilai mata uang di India.

campur.jpg

Alangkah lebih bijak kalau kita menanggapi perbedaan harga di India dan Indonesia dengan melihat terlebih dahulu faktor faktor apa yang melandasi sampai harga membengkak. Konsumen kan semakin pintar, kita sebagai biker enthusiast harusnya sudah tau produk itu operpress atau tidak. Jika dirasa produk itu operpress ya nggak usah dibeli, beli saja produk yang menurut kita lebih value. Dan untuk para atpm, tolonglah kalau bisa ambil untung jangan banyak banyak. Kita sebagai konsumen kan juga kepingin motor yang murah. Kalau bisa pun sebagian untung juga harus dikembalikan ke konsumen lagi, atau anak yatim, anak terlantar dan banyak fasilitas sekolah di pelosok yang tidak layak. Kita rela kok kalau kita “diperas” secara halus dengan membeli produk operpress tapi sebagian untung di alokasikan pada anak anak yang sebetulnya mempunyai potensi tapi tidak punya fasilitas yang memadai.

Pict 2 : otomotifnet
Pict 3 : Shuenk.wp.com

Posted by Wordmobi

53 thoughts on “Salah Kaprah dalam Menanggapi Harga Suatu Motor Sport di Tiap Negara..!!!

  1. Harga Byson di India sekitar 13jutaan sedangkan di Indonesia sekitar 20jutaan. Pulsar 220 di India dibandrol 13,5 juta dan di Indonesia 18,6juta
    ———————————————————————————————————————-
    Nah, copas paragraf di atas koq bisa gitu ya, overpress donk si kebo……. liat aja di India sono, harganya lebih murah di banding harga P220 disana, nah nyampe dimari koq mahalan si kebo ya……..
    http://rendiiswanto.wordpress.com/2012/01/01/lihat-dan-dengarlah-betapa-galaknya-suara-duke-200/

  2. Bagus sekali…..klau perlu harga motor bebek 50 jeti dan mobil pling murah 1 milyarz. biar balik ke jaman dlu…kemna2 naik spda ontel

  3. bener banget…. positioning harga disini memang tinggi karena pabrikan disini juga bermain dibanyak segmen…

    faktor lain, di india lebih banyak pengguna motor sport aka batangan, jadi motor batangan lebih murah… liat aja website yamaha india, ga ada bebek ataupun matic, makanya mereka bisa positioning diharga rendah….

    dan faktor paling penting, india punya motor sendiri kebanggaan mereka, Bajaj dan TVS, harganya juga tidak mahal, itu sebabnya pabrikan jepun juga bermain harga agar bisa bersaing dengan produk india. apalagi warga india jiwa nasionalisnya tinggi, sampe yamaha ngeluarin R15 buat ngelawan bajaj…. sampe segitunya… haha๐Ÿ˜€

    kalo disini saingannya sama” dari jepang, ya masa mau ngejatuhin temen senegara??? hehe, ga lah…๐Ÿ˜€

    mau Indonesia seperti itu? bikin motor sendiri dong…. biar tawon ada temennya, bisa bikin mobil, ga bisa bikin motor… hehe๐Ÿ˜€

  4. Andai kata kanzen bisa buat motor DOHC bagus & berkualitas harga Bajaj pasti saya akan jadi indener pertama…
    Seandaikata lho ya..???
    Sayang hanya mimpi & pemerintah pun cuek kalo ada anak bangsa yg bisa bikin motor karna nantinya akan menghalangi investasi penjajah jepang keparat bangsat….!!!
    Mungkin pemerintah sudah disogok oleh Jepang FUCK hingga segitunya lebih belain isi perut mereka dr pada rakyatnya yg telah milih mereka.
    Ternyata slama ini NKRI dijajah oleh pemerintah sendiri, Ibaratnya musuh dalam selimut..!!!
    Kemerdekaan 1945 hanya semu & kedok belaka kasihan para pahlawan revolusi jaman dulu bertaruh jiwa raga.
    Indonesiaku yg malang…

    • itu lah pemerintah indonesia, lo mau teriak, lo mau bakar diri, tetep ga didenger… udah bro, jalani hidup semaksimal mungkin dan capai cita”…. gw udah serahin semua ke Tuhan YME, kekuatannya lebih ampuh… cukup doa… jadi politik ya… hehe๐Ÿ˜€

  5. banyak variable mas.. kalo mau tau bener2 detail ya tentu harus mengerti trade antar negara dan barriers di masing2 negara, kebijakan yg ditetapkan pemerintah masing2 negara2, nilai2 mata uang tiap negara (ingat, nilai mata uang, bukan jumlah), demand-supply dan lain2.. (tentunya itu di luar masalah birokrasi negara kita yg terlalu indah).. yg berkecimpung di dunia global trade atau minimal ekonomi pasti mengerti mengenai perbedaan negara di satu negara dengan negara lain..

    contoh mudahnya bisa diliat di tulisan ane terdahulu..

    http://vanz21fashion.wordpress.com/2011/08/23/perbandingan-harga-kendaraan-jangan-banding-dengan-singapore/

    • satu lagi, jika produk tersebut (dalam hal ini motor) di produksi di suatu negara.. kenapa tetep lebih mahal dari negara lain (contoh kayak byson di indo dan di india lebih murah di india padahal indo juga memproduksinya) wajib diliat kandungan material2 yg digunakan berapa persen dari lokal dan brapa persen import material yg tentunya sesuai kebijakan pemerintah dan perusahaan.. *contoh China yg mengharuskan penggunaan bahan lokal sebanyak 70% (kalo ga salah 70%) bagi foreign company yg melakukan produksi di negaranya (foreign direct investment).

      contoh artikel terkait:
      http://vanz21fashion.wordpress.com/2011/07/08/menanggapi-bennythegreat-perihal-suzuki-gw250-china/

      • yang jadi pertanyaan kenapa byson lebih murah dari pulsar 220 di India? sedangkan di Indo byson lebih mahalllll dibandingkan Pulsar 220………. padahal sama-sama dari india walau beda paabrikan.
        Simak kata yang punya warung:
        “Harga Byson di India sekitar 13jutaan sedangkan di Indonesia sekitar 20jutaan. Pulsar 220 di India dibandrol 13,5 juta dan di Indonesia 18,6juta”

      • @Rendi: jangan lupakan juga power kebijakan perusahaan mengenai harga.. untuk kasus motor harga gabisa berbanding lurus dari satu negara ke negara lain.. betul seperti om cafebiker bilang faktor brand di indonesia menjadi salah satu faktor penting.. Kalo ngeliat secara historis Bajaj di India punya historis yg bagus dibanding brand2 Jepang yg ada di India, berbanding terbalik dengan di Indonesia, karena itu cukup masuk akal kenapa Bajaj P220 di India bisa lebih mahal dari Yamaha Byson sedangkan Byson di Indonesia lebih mahal daripada Bajaj P220 (slight review, kalo detail tentunya saya kurang tau karena saya bukan org internal dari pabrikan).. Apalagi untuk kasus perusahaan motor di negara2 Asia mereka menggunakan cara FDI di mana mreka membangun plant di negara2 dan memiliki kepala di tiap negaranya, tentunya kebijakan tiap negara akan tergantung dari orang2 yg mengepalai tiap plant di tiap negara (dengan kontrol dari pusat).. singkat kata supply akan tergantung demand dan forecast

      • kenapa bajaj lebih mahal di India di banding si byson jelas donk disana bajaj sangat populer bahakan di banding yamaha jadi kalo pun harga lbh mahal ya no problem tetep ada yang beli, nah kalo bajaj tetep menggunakan prising ala India di Indonesia pasti babakbelur sama Yamaha disini Yamaha lebih populer .

  6. kasiiian indonesia,dapat yang muahal belum pajak,belum PPN,belum biaya administrasi,belum ini itu segala macam yang ujungnya2 tetep satu “harga jadi mahal” tapi gaji ga ikut2an naek mahal,paa SBYYYYYY?!! gimana ini ??

    • haha…pertanyaan sama…. okelah kalo jawban2 tadi untuk msalah image bajaj yang belum pantas bersaing dengan merk jepun di indonesia, nah bagemana dgn ini???

  7. Kalo disini harga motor lbh mahal dari india,mestinya kita bersyukur ternyata orang indonesia lbh kaya dari pada orang india,buktinya walaupun harga lbh mahal dari india tapi penjualan laris bahkan sampe dibela2in inden………….betul gak……………………………..?

  8. bukannya kaya kaya. Tapi bodoh….

    Sama aja lu bli permen diwarung A harganya rp 1000..
    Tapi diwarung B harganya rp 500.. Dengan brand yang sama…

    Lebih bodoh mana?
    Yang beli diwarung A atau B?

    Dan terlihat lebih ‘rakus’ mana? Warung A atau B?

    Silahkan menilai….

    • setuju saya,Indonesia jelas keliatan dibodohi dengan 1001 alasan dari pihak penjual entah inilah itulah,ya mau bagaimana inilah derita konsumen indonesia

  9. tetep lebih mahal bebek disini dari pada sport disana…
    Bebek disini paling murah mendekati angka 11 juta..
    Sedangkan sport disana paling murah 7 jutaan…

    Lah wong harga bebek blade disini setara harga new megapro disana….

  10. artikel yg gda isinya. dah jelas qt harus gak terima. soalnya qt diperas!!..biar smua tau aja. knpa d indonesia mahal? bkn karena PAJAK. atau apapun!TAPI KARENA INDONESIA BODOH. bodoh gbs buat mtor yg bs bersaing. india murah karena produk lokal mampu bersaing. sdangkan indonesia tai dihargai 33 jt otr jakarta y tetep laris. soalnya qt gbs buat.

    • Asek asek akhirnya ada yang mencela dengan sangat menohok:mrgreen: . Tapi pengamat otomotif yang sangat diakui pun mau diperas oleh atpm dengan membeli produk mereka. Yah semoga saja kita bisa membuat motor sendiri ya bro, biar artikel saya ada isinya๐Ÿ™‚ Thanx sudah dikoreksi..

  11. Buat orang india beli motor 26jt itu udah mahal benget…karna nilai mata uang,pendapatan perkaitanya masih lebih rendah dari sini…harga segitu juga karena motornya nggak impor.

  12. putra putri indonesia itu pinter2 loooh… jadi jangan di bilang bodoh.
    coba aja ada orang kaya yang mau modalin putra putri indonesia, jangan kan rakit motor.. rakit pesawat itu bisa.
    indonesia ini ada ribuan pulau… kalau saja pemerintah mau ambil 1000 orang terpintar n terbaik pasti ada.
    tapi itu tak mungkin di ambil sama pemerintah cz lagi konsentrasi memperkayakan diri sendiri.
    pokoknya di indonesia ini yang kaya makin kaya… yang miskin makin miskin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s