Suzuki Ingin Bermain di Segment Apa..??Putuskan Segera Suzuki…!!!

suzuki-gw-250-2011.jpg

Bro/sist sekalian yang berbahagia, kalau dicermati sebenarnya Suzuki saat ini sedang berada di persimpangan jalan antara mau fokus mengejar Yamaha atau fokus sebagai atpm kelas “premium”. Itu terlihat ketika Suzuki memutuskan memboyong GW250 dan merilis Suzuki Nex. Maksudnya gimana itu, okelah mari kita utak atik sedikit kebingungan Suzuki sambil menikmati secangkir kopi.

Coba bro liat produk Suzuki saat ini yang laris manis ialah Satria FU yang bisa dibilang motor premium (bebek premium tepatnya) . Memang itu tidak bisa menjadi patokan, dan mungkin jawaban yang lebih gamblang bisa dilihat ketika GW250 sudah meluncur. Kalau sesuai target, bisa disimpulkan bahwa produk premium Suzuki lebih diterima daripada produknon premium.

new+suzuki+satria+fu1500.jpg

Kalau sudah seperti itu, bisa dibilang juga Suzuki hampir mirip dengan Kawasaki. Dan setelah produk premium Kawasaki lebih diterima akhirnya Kawasaki memutuskan fokus ke motor premium, atau motor hoby. Balik lagi ke Suzuki, dengan meluncurkan Nex Suzuki juga terlihat masih ingin bermain di entry level. Alangkah baiknya Suzuki sudah mulai memutuskan apakah bermain di setiap segment seperti saat ini, ataukah fokus di segment premium seperti Kawasaki. Atau Suzuki masih menunggu gaung dari GW250, setelah itu baru mengambil langkah. Mungkin juga Suzuki melihat celah image Yamaha yang mulai turun, karena saat ini sebenarnya moment yang tepat untuk mulai menggerogoti Yamaha.

Andai memang mulai menggerogoti Yamaha yang dipilih, seharusnya Suzuki juga sudah mulai menyiapkan varian lain selain Nex. Dan segment sport 150cc wajib diisi oleh Suzuki. Karena bagaimanapun sport 150cc berfungsi sebagai jembatan image antara entry level dan premium (250cc). Tidak cukup sampai disitu, Suzuki pun harus mengeluarkan beberapa varian lain. Minimal harus head to head sama Yamaha.

suzuki_gsx-r600_2007.jpg

Masih banyak pekerjaan rumah bagi Suzuki jika ikut bertarung diantara Honda dan Yamaha. Tapi kalau fokus ke segment premium seperti Kawasaki, Suzuki tidak perlu repot repot mengeluarkan banyak varian guna mengcounter serangan Honda dan Yamaha. Cukup reborn FXR, membonsai Suzuki Bandit, merilis GSX600s hingga menciptakan Mini Hayabusa mungkin. Mana bisa..?? Bisa lah, buat GW250 saja bisa yang turunan dari B king.

Dan kalau melihat kondisi Suzuki saat ini yang “tidak mempunyai arah”, Suzuki harus segera memutuskan akan dibawa kemana nantinya Suzuki. Bertarung diantara Honda dan Yamaha, atau fokus seperti Kawasaki yang IMHO menurut CB cepat tanggap dengan keadaan (begitu menciptakan bebek entry level gak laku, langsung fokus di segment sport premium dan hoby) dan nyatanya brand Kawasaki masih eksis, malah Kawasaki mulai menjadi brand yang eksklusif.

Posted by Wordmobi

32 thoughts on “Suzuki Ingin Bermain di Segment Apa..??Putuskan Segera Suzuki…!!!

  1. suzuki dualisme a.k.a ragu “, drpd bermain disegmen dg persaingan yg berdarah ” alangkah lebih baik klo mencari jalan yg masih sepi spt kawasaki. Ayo suzuki ragu ” itu gak akan dapat apa-apa…

  2. Suzuki itu identik dgn motor kenceng, jadi alangkah baiknya Suzuki konsen di segmen sport, kayak Kawasaki. Jangan jadi pemain segmen sejuta umat, bikin eneg kalo lht di jalan. Jujur aja, bukannya mutu motor Suzuki itu jelek atau di bawah Honda atau Yamaha, tapi cuma kalah di image merknya aja, oleh karena itu alangkah baiknya Suzuki perkuat dulu imagenya dgn main di segmen yg lbh terhormat, biar nantinya konsumen akan menilai kalo brand Suzuki itu emang pantes disegani.

  3. q sebenere suka banget ama produk suzuki, shogunq kenceng, awet banget, udah 5 tahun masih kaya baru makainya, pdhal dipakai tiap hari jarak 100 km

  4. ada bocoran dari org astra internasional cbg bengkulu yg mekaniknya ikt plathan,dan melhat mrkas honda,ktnya honda akan ada sport fairing dan naked klas 150-200cc,tp bkan cbr ckd,asli produksi ahm,penampakannya keren,ane tanya sasisnya pake sasis apa,orgnya blg penampakan mtor sgt dijaga,dia nyaranin supaya aneh nahan diri duluh bwt indent cbr,jgan smpai nyesal ktanya…asli gua bingung dgarnya…ngu yg bru apa ambl yg psti,y udah saya indent cbr 2 bln,ada penampakan gak bro tntg clon mtor naked,sport bru ahm?

  5. biar melek sampe pagi tambahin garam dapur sedikit,asli top markotop.
    saya setuju mas,reborn fxr baku baju gsxr,bandrol maximal setara cbr150,dijamin geger dunia R2….biarin aja untung dikit yang penting bisa fight dan eksis serta layak diperhitungkan atpm lain

  6. Selama suzuki corp gag mau terjun langsung ato berinvestasi di indonesia selama itu juga penggila produk suzuki cuma bisa gigit jari…karena suzuki indomobil gag lain cuma agen tunggal penjualan di indonesia yang orientasi nya cuma profit….beda dengan AHM ato YMKI yang sudah di bawah langsung perusahaan induk mereka di jepang…jadi engginer mereka diberi keleluasaan untuk membuat dan mendesain motor sendiri….gag seperti suzuki indomobil..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s