Analisa SWOT Next Pulsar..Seri Terakhir Trilogi 3 sport Paling Dinanti..!!!

ktm_bajaj.jpg

Bro/sist sekalian yang berbahagia, setelah kemaren sedikit menganalisa Sport teralis Honda disini dan Vixion disini , sekarang mari juga sedikit mengupas Next Pulsar bagaimana prospeknya di tahun depan menghadapi pertarungan melawan Sport teralis Honda dan Vixion. Dan ini merupakan seri terakhir trilogi tiga motor sport middle up yang paling dinanti tahun depan. Tentunya dengan menggunakan analisa yang sama seperti dua seri sebelumnya.

spyshoot-next-pulsar.jpg

Strenght (kekuatan)
Kekuatan utama dari Next pulsar ini terletak pada teknologi mesin yang kini disematkan. DNA KTM digabungkan dengan dtsi milik Pulsar. Belum lagi sasis teralis (andai benar) yang lagi naik daun. Perubahan desain yang signifikan dengan bergantinya shock yang stereo menjadi monoshock. Mungkin hanya Next Pulsar satu satunya motor kelas middle yang mempunyai taste eropa.

Weakness (kelemahan)
Cerita lama kalau kelemahan Bajaj terletak pada jaringan 3s. Sparepart sulit, brand yang masih jauh dibandingkan dengan rakksasa Jepang Honda dan Yamaha. Kualitas material dibawah Honda dan Yamaha. Dan sangat disayangkan, sosok yang rupawan dicederai dengan tiadanya RDB.

new-2012-bajaj-pulsar-7.jpg

Opportunities (peluang)
Bisa dikatakan sebenarnya Brand Bajaj sudah mulai diterima pasar. Stigma bahwa Bajaj identik dengan angkutan umum roda 3 perlahan mulai hilang. Belum lagi banyak biker dari bebek mulai banyak yang naik kelas. Menurut hemat CB, market share bebek turun sebenarnya selain beralih ke skutik juga beralih ke sport batangan. Dan itu bisa dimanfaatkan Bajaj dengan menghadirkan produk yang saat ini mengedepankan value for money. Selain itu banyak pula Biker kelas menengah yang ingin merasakan motor sport bernuansa eropa, dan Bajaj jeli melihat itu dengan disematkannya teknologi KTM di tubuh Next Pulsar.

prides-2-dtsi-logo.jpg

Threats (ancaman)
Sport teralis yang benar benar fresh plus ditopang dengan nama besar Honda dan Vixion yang saat ini masih menjadi raja merupakan ancaman besar bagi Next Pulsar. Karena kadangkala konsumen lebih mementingkan merk daripada produk itu sendiri.

Last, lagi lagi Next Pulsar kalah dalam hal brand dan jaringan 3s. Jikalau Bajaj sangat serius memperbaiki 3s, bukan tidak mungkin 2-3 tahun lagi Bajaj menjadi kekuatan baru yang dahsyat di segment sport.

Pict 1 : tmc
Pict 2 : mesin4tak

Posted by Wordmobi

22 thoughts on “Analisa SWOT Next Pulsar..Seri Terakhir Trilogi 3 sport Paling Dinanti..!!!

  1. hhhhhhhuaaah, ngantuk mzbro, artikel brojol dinihari🙂
    semoga next pulsar juga meningkat qualitas materialnya seiring dengan kawin silangnya bersama ktm…….. dengan mesin duke yang 150cc aja maka pasti akan membuat kompetitornya kocar kacir:mrgreen:

  2. Memang susah kalo bajaj gak fokus sama yg nte bilang,dari 3Snya,ketersediaan sparepart sama pelayanan dealer + mekanik yg kurang memuaskan,padahal produknya sendiri mampu bersaing sama produk barisan jepun.

  3. ga cuma brand dan jaringan 3s, kualitas produknya pun akhir” ini mendapat reputasi negatif di beberapa kota…. semoga pulsar duke ini sudah perfect product…. jangan kecewakan konsumen 2 kali….

    yang masih bikin gregetan itu YIMM, di range 24 – 40an juta kosong melompong blasss…… pertahanan yang sangat” kuat…. sangat menguntungkan memang bermain diam dan bertahan… memang terlihat ketinggalan, tp kalo udah kejepit kan dananya masih banyak? bisa ngeluarin produk yg luar biasa dengan dana penuh…. patut dicontoh….

    istilahnya, Honda udah ngeluarin 10 jurus dan habis, Yamaha baru 5 jurus n masih ada 5 jurus lagi, bisa bertahan. Sedangkan darahnya sudah sama2 setengah… keliatan yg menang di akhir ronde siapa…. Bajaj??? kualitas, 3S, dan sparepart ditingkatkan dulu, baru ikutan main… hehe, anak bawang main sama orang gede, ntar cuma dibikin nangis loh… hehe😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s