Solusi Sementara Mengatasi Macet yang Murah Meriah..!!

macet.jpg

Bro/sist sekalian yang berbahagia, macet memang sudah menjadi penyakit yang sangat akut di negeri tercinta ini. Semakin hari tingkat kemacetan semakin meningkat terutama di kota kota besar. Kok di kota besar, di daerah CB yang notabene kota kecil saja kalau hari sabtu macetnya mulai naudzubillah. Banyak faktor yang melandasi bagaimana hingga macet itu sendiri tercipta, mulai dari jumlah kendaraan yang over kuota, perilaku pengguna jalan yang seenaknya, sampai infrastruktur yang kurang memadai. Banyak pula solusi yang dilempar oleh pakar, mulai dari pembatasan kendaraan, pembangunan infrastruktur sampai kampanye penggunaan angkutan umum.

Tapi sampai kini toh kemacetan belum bisa teratasi dan malah semakin parah. Lantas apakah solusi yang diutarakan salah, nggak bro, semua solusi yang diberikan itu sangat benar. Tapi memang butuh waktu, nggak mungkin kan para pakar dibidangnya ngomong ngawur, pasti sudah ada hitungannya dan survey yang dilakukan. Tapi menurut hemat CB, ada solusi sementara, sambil menunggu kebijakan kebijakan yang berhubungan dengan kemacetan.

Kalau CB lihat salah satu faktor yang menyebabkan kemacetan adalah sifat disiplin dari pengendara itu sendiri. Kadangkala sumber dari ketidak disiplinan dijalan adalah, ada yang terburu buru dengan waktu, ingin mendahului sampai terpancing emosi sama pengendara lain. Coba kalau semua pengendara disiplin dengan patuh pada budaya antri, nggak ada motor yang menyelinap di kerumunan mobil, mobil pun tak ada yang makan jalur motor sehingga tidak menutup motor, tidak ada kopaja atau metro mini yang berhenti seenaknya ditengah jalan. Semua teratur dan menunggu hingga giliran.

macetbandung.jpg

Memang tidak bisa langsung menghilangkan macet, tapi paling tidak bisa menekan waktu. Mungkin yang tadinya bisa 3 jam bisa ditekan 2 hingga 1,5 jam. Terus kalau ada mobil yang keluar dari kantor pas ditengah kerumunan gimana, kalau sudah disiplin pasti saling menghargai akan ikut dengan sendirinya. Mereka akan sadar dan memberi jalan bagi mobil tersebut. Ibaratnya, lebih mudah menggulung benang yang tidak kusut daripada menggulung benang yang kusut.

Tapi balik lagi, kendalanya memang sangat sulit mengajak masyarakat kita untuk disiplin. Tapi bukan berarti nggak bisa kan. Bisa diawali di kelurahan, diberikan pengarahan secara kontinyu pentingnya disiplin bagi kelancaran transportasi. Sambil menunggu pembangunan MRT, tol sampai perbaikan infrastruktur transportasi publik, langkah mendidik pengendara untuk berdisiplin bisa dilakukan. Lumayan kan paling tidak bisa mengurangi waktu kemacetan. Yang paling penting dibutuhkan kesadaran bagi pelaku kemacetan itu sendiri.
Semoga bermanfaat.

Posted by Wordmobi

11 thoughts on “Solusi Sementara Mengatasi Macet yang Murah Meriah..!!

  1. yups.. memang kembali lg ke manusianya..

    apa perlu yah negeri ini dipimpin oleh tirani besi kek soviet atau korea utara biar pd disiplin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s