Fenomena Unik Pengendara Roda 2 Terkait Malam Tahun Baru..!!!

tahun-baru-2011.jpg

Bro sekalian yang berbahagia, tahun 2011 semakin mendekati akhir. Tentunya banyak yang mempersiapkan, merenung, mengevaluasi sampai intropeksi apa saja yang salah dan kurang, dan hal apa saja yang dipersiapkan tahun depan. Tapi bagi kebanyakan orang, tentunya acara tahun baru nggak afdol kalau nggak ikut merayakan. Bicara tentang perayaan tahun baru pun banyak macamnya, mulai dari sekedar kumpul kumpul, konvoi dijalan, nginep di Villa, istikhoroh di masjid sampai mabuk mabukan.

Tapi ada beberapa fenomena yang menarik setiap perayaan tahun baru. Pertama adalah ulah para biker yang mencopot filter knalpotnya, kalau orang jawa bilang knalpote dibedel. Meskipun CB sudah gak pernah turun kejalan, pas konvoi depan rumah banyak sekali yang dibedel knalpotnya sambil bleyar bleyer. Itu di kota daerah CB, nggak tau lagi kalau daerah lain.

Kalau bicara negatif, banyak sisi negatif yang didapat dari kejadian diatas. Tapi ada juga sisi positifnya, banyak bengkel kebanjiran order baik sebelum maupun sesudah malam tahun baru. Mungkin bagi pelaku pembedelan knalpot nggak sadar akan masalah yang bisa timbul , seperti salah paham yang mengakibatkan tawuran. Karena tawuran selalu ada ketika malam tahun baru akibat gesekan antar anggota konvoi yang terjadi ketika konvoi.

hi-tahun-baru.jpg

Mungkin bisa diistilahkan, tahun baru saatnya buka lembaran baru, buka gas, buka dompet dan buka masalah. Saran CB sih, kalau kita masih menata hidup kita dan benar benar mau berevolusi pada tahun depan, mending dirumah saja. Bisa makan bareng sama teman di rumah, menghabiskan waktu bersama keluarga, syukur syukur ibadah. Tapi bagi yang sudah mapan hidupnya dan mencari hiburan juga sah sah saja. Karena setiap orang mencari kesenangan itu berbeda beda caranya. Yang penting masih positif.

Fenomena yang lain adalah, kalau kita mencermati perayaan tahun baru, sebenarnya ada fenomena yang unik. Coba bro perhatikan, para pengguna motor maupun mobil ramai ramai mencari tempat yang rame. Bisa dikatakan mencari macet, padahal selama ini banyak teriakan, keluh kesah, dan sumpah serapah terkait jalanan yang semakin macet. Bisa ditarik kesimpulan bahwa keinginan seseorang terkait jalanan yang lenggang tidak mutlak benar. Toh di tahun baru malah mencari jalan yang ramai, semakin ramai semakin asyik. Taruhlah contoh jalanan sekitaran monas atau bundaran HI. Mungkin di hari biasa kalau ada jalan yang lebih sepi pasti tidak akan memilih lewat monas atau bundaran HI. Tapi pas malam tahun baru semua berbondong bondong menuju monas maupun bundaran HI.

1105122.jpg

Berikutnya adalah fenomena hari melawan hukum. Bisa dikatakan malam tahun baru merupakan bebas hukum bagi pengendara roda dua. Kalau kita perhatikan banyak sekali pengendara yang tidak memakai helm. Padahal waktu hari biasa, nggak mungkin berani pengendara terang terangan memakai helm didepan polisi. Belum lagi yang boncengan tiga, cukup banyak pemandangan pengendara yang berboncengan tiga.

Itu semua “tradisi” didaerah CB, mungkin di beberapa daerah lain lagi peraturannya. Seperti harus memakai helm walaupun dimalam tahun baru. Sebenarnya masalah ini sedikit demi sedikit harus segera diselesaikan. Karena fenomena tersebut sangat mengganggu pengguna jalan lain dan membahayakan keselamatan. Dan Alhamdulillah, beberapa tahun terakhir akses masuk kota sedari sore sudah ditutup guna mentertibkan jalanan di kota. Paling tidak sudah ada tindakan nyata mengatasi ruwetnya malam tahun baru. Tinggal kitanya saja, apakah mau berpartisipasi dengan pihak aparat yang mengatur ruwetnya jalan. Bisa dengan cara tidak turun kejalan (boleh asal jalan kaki misal). Kalaupun terpaksa naik motor, harus tertib dan nggak arogan mengganggu pengguna jalan yang lain.
Semoga bermanfaat.

Posted by Wordmobi

45 thoughts on “Fenomena Unik Pengendara Roda 2 Terkait Malam Tahun Baru..!!!

  1. kpn yah tahun baru justru keadaan kota tenang dan senyap kek hari lebaran.. justru dg ketenangan akan memperolah inspirasi yg indah bwt ms depan.
    budaya hedonis barat benar2 menusuk dlm.. kasian cewe2 abgnya.. pasti pd diunyuu unyuuin.

  2. fenomena unik…
    yang naek motor banyak yang ga pake helm, polisinya ngebiarin (soalnya jalanan ramai daripada tambah macet…)
    *tepok jidat…

  3. Kalo di bandung yg perlu diperhatikan pasca taun baruan, tgl 1 januari pagi-siang biasanya masi banyak orang2 yg ga ngertilah apakah mreka mabok sampe pagi ato emang awalnya gabisa nyetir terus dikasi nyetir ato gimana.. tapi pasti banyak yg ga peduli aturan lalu lintas bahkan yg esensial seperti lampu lalu lintas.. korban mobil ane kesikut 2 motor dan 1 kebaret mobil gara2 motornya ugal2an dan mobilnya nerobos lampu merah, padahal di bagian ane udah ijo.. kondisi 1 januari 2011 jam 9 pagian (masi inget banget gw, kesel bgt lah udah bikin baret mobil org malah dia yg marah2). *dan biasanya kendaraan2 bgitu yg mobilnya isinya sekompi ga karuan ato ga yg motornya trondolan, bukan menyudutkan tapi memang bgitu..

    • klo taun baruan di bdg jgn pakai mobil kang………………..
      sy jg di bdg…sk pakai motor…lmyan agak lancar………….
      klo pakai mobil enakan ke puncak pass bogor…………….
      tp brangkatnya hrs dr siang…aihihihi…macet total………
      nah dipuncak enak situasi kondisinya..adem ayem……….

  4. orang endonesa emang demen dan doyan berfenomena… suka mencari fenomena, lalu menonton fenomena tersebut, lalu nimbrung di fenomena itu, dengan tujuan supaya kalo ketemu temen, keluarga, sodara atau relasi bisa dengan bangga cerita bahwa dia sudah jadi ‘saksi’ akan fenomena tersebut.. :cheer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s