Analisa SWOT Sport Teralis Honda ala Cafebiker..!!!

saisteralis.jpg

Bro sekalian yang berbahagia, menyambung postingan tiga motor sport yang paling dinanti di tahun 2012 . Kali ini CB akan sedikit mengupas plus minus ketiga motor sport tersebut. Dan kita tidak bicara plus minus performa, melainkan apakah nantinya ketiga motor tersebut bisa diterima pasar. Kenapa kok hanya tiga, kan motor sport di tahun 2012 juga banyak yang dinanti semisal Duke 200 sampai GW250. Karena ketiga motor tersebut yang saling head to head.

Ok mari kita mulai kupas dengan menggunakan analisa SWOT ala cafebiker yang sangat sederhana dan ala kadarnya. Sport teralis Honda. Kita mulai dari Strenghths (Kekuatan) dulu. Dengan nama besar Honda, rasanya tidak sulit buat Sport teralis Honda langung menggebrak diawal awal. Itu ditunjang dengan sasis teralis yang cukup menggemparkan jagat permotoran. Bagaimana tidak, sasis teralis yang sangat identik dengan motor besar dan motor premium coba diaplikasikan pada sport non premium oleh Honda. Belum lagi jaringan 3s dan after sales Honda yang tidak diragukan lagi.

teralis_lagi1_2.jpg

Sport teralis bisa sangat mengesankan kalau ditambah dengan livery repsol yang begitu dahsyat. Dengan promosi dan kemasan jualan yang cantik ala Honda, sport teralis bisa jadi kartu as buat Honda. Melihat beberapa kelebihan seperti itu, tidak salah kalau sport teralis digadang gadang bisa memukul Vixion.

Tapi setiap kelebihan pasti ada Weakness (kelemahan), kelemahan dari sport teralis adalah tinggal bagaimana nanti desain dari sport teralis itu sendiri. Karena sampai saat ini belum pernah sekalipun bocoran sosok sport teralis bocor ke media. Karena desain yang bisa dibilang out of the box kadangkala menjadi boomerang kalau desainnya “fals” . Nama besar tidak bisa menjadi jaminan, lihat saja nama besar Yamaha dan nama besar Jupiter Z. Desain New Jupiter Z sangat tidak disukai pasar. Tak heran kalau New Jupie Z dipukul oleh kompetitor.

rangka-tubular_2.jpg

Andai desain sport teralis nantinya fals aka wagu aka jelek, bukan gak mungkin bisa menjadi bulan bulanan Vixion yang desainnya sudah sangat jelas diterima pasar. Itu belum serangan dari Next Pulsar yang spyshootnya sudah wara wiri di jagat maya. Ganjalan kedua adalah kalau kita melihat pooling dari IWB disini , disitu bisa kita lihat bahwa sasis deltabox lebih disukai ketimbang sasis teralis. Memang itu tidak bisa dijadikan acuan. Pertama karena koresponden belum melihat atau belun tau desain dari sport teralis Honda. Kedua adalah koresponden adalah biker enthusiast yang rutin mengikuti dunia otomotif. Karena pasar dari sport teralis juga menyasar biker umum, biker yang taunya hanya desain atau biker yang gak ngikuti dunia otomotif. Atau biker dengan mahdzab suka beli gak suka gak beli.

Tapi tentunya masih ada Opportunities (peluang) bagi Sport teralis Honda untuk berbicara banyak ditahun depan terutama di segment sport middle. Pertama, brand Honda sangat mengakar kuat di mayoritas konsumen tanah air. Kedua, banyak konsumen yang loyal, seperti bertambahnya jumlah klub/komunitas dibawah naungan Honda. Ketiga, segment motor sport terus mengalami kenaikan. Keempat adalah Sport teralis Honda lebih unggul dalam desain yang fresh daripada Vixion. Melihat pemaparan diatas, sport teralis dari Honda masih sangat berpeluang untuk menggebrak segment sport.

p2r-2sporthonda.jpg

Last, setiap produk pastinya mempunyai Threats (ancaman) dari para kompetitor. Disini Sport teralis Honda mendapat ancaman serius dari Vixion maupun Next Pulsar. Ingat, menggeser sang Raja dalam hal ini Vixion tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Lihat bagaimana susahnya skutik Honda menggeser Mio sang raja skutik. Butuh berapa tahun untuk bisa menggeser Mio dari tahtanya. Toh sampai saat ini tercatat hanya dua kali Beat menggeser Mio di tahun ini yakni bulan Juni dan september.cmiiw. Belum lagi ancaman datang dari Next Pulsar yang semakin kesini semakin menunjukkan taringnya. Dimulai perubahan desain yang cukup signifikan, sudah monoshock dan disinyalir menggunakan sasis teralis juga. Tentunya dengan keberadaan Vixion dan Next Pulsar, menjadi PR terbesar bagi Honda.

Dan kalau melihat semua pemaparan diatas, mungkin penempatan positioning yang tepat menjadi harga mati bagi Honda. Kalau dibandrol diatas Vixion, bisa semakin berat menggusur Vixion. Itu belum ditambah produk bajaj yang identik dengan Value for money. Kalau CB boleh bilang, maksimal bandrol 24juta. Dan kalau benar range segitu, besar kemungkinan Honda akan membandrol 23,7-23,9 juta. Karena harga psikologis diangka 23jutaan. Dan jangan lupa, pemberian livery repsol. Bagaimanapun, daya magis dari lovery Repsol masih sangat kuat. Dan itu yang tidak dipunyai oleh Vixion dan Next Pulsar.
tu bi kontinyu tu Vixion en Next Pulsar…..

Pict 1 : tmc
Pict 2 : tmc
Pict 3 : areeya2.wp.com
Pict 4 : P2R.wp.com

Posted by Wordmobi

45 thoughts on “Analisa SWOT Sport Teralis Honda ala Cafebiker..!!!

  1. ta tambahin boleh yoo! untuk strengths..sasis teralis punya kelebihan di stabilitas pengendalian motor yang dah melegenda (aplikasi dari ducati), dan sasis terlais notabennya menjadikan mesin menjadi satu paket dalam penguatan struktur kendaraan..dari poin ini jelas bisa menutup weaknesses dari keragu-raguan orang tentang produk baru Honda menerapkan sasis teralis..threats no problem laah..aplikasikan produk global,jadi di indo gk laku,tp d negara lain tetep moncer jualannya..nah opportunities, ni yang bisa akselerasi penjualan Honda..karena belum ada satupun produk di Indonesia yang menggunakan sasis teralis..jadi kesempatannya masih terbuka sangat luas..gitu aja deh..sory kepanjangan!!hehey
    http://niwira.blogspot.com/2011/12/review-bajaj-pulsar-135-ls-selama-540.html
    http://www.niwira.com

  2. ta tambahin boleh yoo!untuk strengths..sasis teralis punya kelebihan di stabilitas pengendalian motor yang dah melegenda (aplikasi dari ducati), dan sasis terlais notabennya menjadikan mesin menjadi satu paket dalam penguatan struktur kendaraan..dari poin ini jelas bisa menutup weaknesses dari keragu-raguan orang tentang produk baru Honda menerapkan sasis teralis..threats no problem laah..aplikasikan produk global,jadi di indo gk laku,tp d negara lain tetep moncer jualannya..nah opportunities, ni yang bisa akselerasi penjualan Honda..karena belum ada satupun produk di Indonesia yang menggunakan sasis teralis..jadi kesempatannya masih terbuka sangat luas..gitu aja deh..sory kepanjangan!!hehey
    http://niwira.blogspot.com/2011/12/review-bajaj-pulsar-135-ls-selama-540.html
    http://www.niwira.com

  3. gw ragu klo honda mau keluarin motor itu…
    Lah new megapro yang ‘cuma’ segitu aja harganya tembus 20 jt.. (padahal dinegara aslinya india cuma 13,5juta otr)

    cape deh honda…

      • amati lagi masbro,
        1. jupiter burhan lampu kotanya ada ditengah lampu utama, new jupiter z dah pisah dari lampu utama n ada ditebeng sebelahan sama lampu sein, new honda blade dimana??
        2. sayap burhan belum 3d, new jupiter z udah 3d, new honda blade gimana??
        3. nah ini nih yang paling niru, liat tuh desain speedometer new honda blade, mirip banget sama desain new jupiter z, bedanya blade cuma 1 bulatan plus tambahan dikanan-kiri, new jupiter z ada 2 bulatan
        4. tuh liat desain dasbor new honda blade, ada corak silvernya, niru siapa?? new jupiter z kn??
        toh penjualan new jupiter z gk bisa dibilang buruk lho bro….malah pernah beberapa kali nyalip penjualan vega zr (pernah baca di artikel salah satu
        blogger indomotoblog)
        kalo mengamati tiru modifikasi sih emang masih dominan jupiter burhan, mungkin alasannya lebih mudah niru jupiter burhan daripada niru new jupiter z….
        kalo saya pribadi gak suka sama modifan misal bikin modif fairing pake lampu jupiter burhan….kesannya ndeso masbro

      • pnh melewati vega zr, yoi
        tp lgsg nyungsep gara2 ada blade,
        klo gt xeon niru vartech dong amati aja….vega zr niru revo 100cc atw supra 125, wong hampir mirip…spacy niru mio tp digedein, suzi nex ikutin beat, kok gk dikompor2in, knp? amati bung pake kaca pembesar…..

  4. Betul banget, klo mau head to head langsung kayak new blade vs jupiter z, trus dibanderolnya juga harus lebih murah tapi fitur berlimpah, insya allah laris manis.

  5. coba di lihat pada kalender 2012 ahm pada bulan april dan november,,gambarnya sedikit buram,,,spertinya itu di sengaija karena disitu ada 2 motor sport terbaru dari honda,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s