Suka Duka Ngurut Android

Dalam situasi keterbatasan, setiap orang dituntut untuk berpikir lebih keras. Bagaimana mengakali keterbatasan menjadi sesuatu yang luar biasa. Setidaknya itulah yang saya alami. Tapi dalam tulisan ini yang saya maksud adalah keterbatasan memori internal milik handphone smartfren andro e910 milik istri. Kali ini akan saya share suka duka mengoprek android bagi kaum newby android seperti saya sekaligus mencoba aplikasi wordpress for android. Sebagai
kaum awam dan lagi menikmati euforia handphone baru, wajar apabila lagi senang-senangnya menginstall game maupun aplikasi.
Terlebih lagi, tujuan awal beli andro ini buat game anak. Nanti saya bahas di lain artikel.
Keteledoran saya adalah tidak mengetahui berapa kapasitas memori internal. Ketika baru beberapa menginstall aplikasi, saya mendapati notifikasi bahwa memori internal sudah dalam
batas limit. Setelah googling, akhirnya ketemu situs official andro di kaskus. Setelah mantengin
kaskus, ketemulah cara untuk bisa menginstall banyak aplikasi dan diperlukan aplikasi yang
bernama link2sd. Tapi syaratnya harus di root terlebih dahulu.
Saya pun mengikuti langkah-langkah seperti tertulis di kaskus. Setelah 2 jam berkutat didepan
komputer, andro masih belum berhasil ter- root, karena ada beberapa step yang saya tidak
mengerti. Sebenarnya proses root cukup cepat, tapi karena masih awam dengan istilah-istilah
yang ada dalam tutorial tersebut, mau tidak mau harus googling apa arti istilah-istilah tersebut.
Karena sudah tidak sabar, akhirnya saya memakai jurus pamungkas, pergi kerumah sahabat saya yang juga keturunan bangsa mongolia. Dialah hakimrodamas.wp.com alias dik Rahman. Dan dengan bantuan Rahman , sim salabim andro saya sudah ter- root. Setelah itu install link2sd, dan saya link semua aplikasi yang ada didalam memori internal ke sd card. Tapi sayang, cara tersebut tidak bertahan lama. Karena setelah menambah game dan aplikasi, memori internal kembali low. Akhirnya Googling lagi deh, dan menemukan cara yang cukup ekstrim karena bisa berakibat cukup fatal. Dan terbukti setelah memakai cara tersebut, entah mungkin ada yang salah prosesnya atau apa, tombol home tidak berfungsi. Saya utek-utek lagi malah gak karu-karuan. Andro tidak bisa dioperasikan, setiap masuk aplikasi ada notif force close. Termasuk telpon dan sms.

image

Esok hari pagi-pagi buta, si Rahman saya obrak-obrak karena saya butuh bantuannya. Padahal dia
masih bubuk nyenyak :mrgreen: . Dengan terpaksa andro saya flash, padahal umur andro belum genap seminggu. Setelah terflashing, saya
mengulangi langkah-langkahnya. Ketika akan me-link-kan ke sd card, eh gak taunya sd cardnya gak
kebaca. Kesimpulannya sd card jebol, busyet dah. Handphone belum seminggu sudah memakan
korban sd card dan sudah ngeflash. Tapi tidak masalah, asal memori internal bisa lega. Atas saran Rahman disuruh beli sd card yang kelas 10. Berangcus ke konter beli sd card 8 giga kelas 10 seharga 105 rb. Dan setelah sd card terpasang, langkah-langkah diikuti, sim salabim memori internal kini free 98%. Itu terlihat di aplikasi link2sd. Tapi yang bikin heran dan bikin deg-degan, ketika lihat di pengaturan, free internal memori malah minus. dipengaturan tertera 150mb, padahal kapasitas memori internal andro sebesar 144mb.
Biarinlah yang penting aplikasi berjalan normal.

image

Sampai hari ketiga pasca operasi, andro e910 milik istri masih normal tanpa kendala. Padahal sudah nambah aplikasi dan game. Total lebih dari 60an aplikasi+game dengan berbagai size. Paling
besar game real stell yang berukuran 70 mega. Mungkin kalau dirata-rata 30mb. Dan free internal
memori masih 94%.  Fyi, cara ini juga berhasil di samsung galaxy y milik Rahman ( tanpa korban
mmc dan flashing :mrgreen: ) Ohya, sebelum saya flash. Aplikasi terlebih dahulu saya backup dengan
aplikasi titanium backup. Untuk tutorial melegakan memori internal dibaca disini. Cukup ampuh bagi
yang punya masalah memori internal. Tapi ingat DWOYR ;)

13 thoughts on “Suka Duka Ngurut Android

  1. masih enak kang, masih ada mahluk keturunan bangsa mongolia kuwi :mrgreen: nek aku biyen ijenan mung dipandu member di grup fb..
    tab cino sing ono tulisan smartfren e jik berumur 4 bulan, tapi udah 4 kali rooting, 3 kali update rom, dan kamera depan rusak :lol:

Tinggalkan Balasan

