Bagaimana Efek Penjualan Suzuki setelah Mundur Dari Motogp..??!

rizla_suzuki_logo.jpg
Bro sekalian yang berbahagia, kabar Rizla Suzuki mundur dari gelaran balapan paling akbar motogp sudah berhembus kencang. Memang belum ada pernyataan resmi dari pihak Suzuki. Namun berdasarkan tenggat waktu dan Suzuki belum memberi kepastian apakah akan ikut berpartisipasi semakin menguatkan Suzuki akan absen pada gelaran motogp tahun depan. Bahkan berhembus kabar Suzuki akan comeback di tahun 2014.

Berarti bertambah satu lagi atpm handal yang produk produknya sangat diakui performanya, mundur dari motogp setelah Kawasaki. Seperti kita tau, di tanah air maupun dunia siapa yang meragukan Suzuki maupun Kawasaki. Bahkan image motor terkencang diproduksi oleh kedua atpm tersebut. Lihat saja Suzuki Hayabusa yang masih menjadi motor terkencang sejagat. Kemudian Kawasaki ZX14R berhasil mempecundangi Hayabusa waktu di tes drag.

Lantas apa yang menyebabkan kedua pabrikan tersebut tidak bisa mengikuti gelaran motogp yang notabene balapan paling akbar di jagat raya ini. Alasan dari kedua pabrikan tersebut adalah kesulitan keuangan. Suzuki tahun depan masih belum mampu menghadirkan motor 1000cc. Benar benar suatu ironi, ketika produk produk baik Suzuki maupun Kawasaki performanya lebih unggul daripada kompetitor di kelasnya.

2009-suzuki-hayabusa-1_460x0w.jpg

Ok kita fokus bicara Suzuki di tanah air saja. Produk Suzuki di tanah air boleh dikatakan lebih unggul daripada produk kompetitor. Akan tetapi dalam hal pengemasan jualan harus diakui Suzuki masih kalah jauh. Mulai dari promosi dan tetek bengeknya Suzuki kurang lincah dan kurang penetrasi. Kita tidak bicara Kawasaki karena Kawasaki lebih fokus di segment sport. Lihat saja spek matic Suzuki Nex yang lebih unggul power dan irit daripada Mio maupun Beat. Lalu dulu Suzuki punya Shogun SP yang merupakan motor dengan performa paling handal dikelasnya.

Dengan mundurnya Suzuki dari gelaran motogp, tentunya akan semakin sulit penetrasi produk produk di tanah air. Karena dengan Yamaha dan Honda menempelkan tagline di motogp, secara tidak langsung membentuk mindset bahwa dengan menempelkan tagline di motogp produk mereka lebih mendunia. Ingat masih sedikti konsumen kita yang open minded. Apalagi Honda baru saja meraih juara dunia, bakalan semakin gencar wajah Stoner maupun Pedrosa di tanah air.

1yjuyg.jpg

Selama ini Suzuki praktis tidak punya brand ambassador dari motogp. Ketika Wajah Stoner, Pedrosa, Dovi, Lorenzo maupun Spies bermunculan di layar kaca maupun banner Suzuki hanya memasang Irpan Bachdim. Jelas suatu strategi marketing yang njomplang. Masak motor Suzuki yang terkenal kencang tidak punya brand ambassador dari pembalap. Dan untuk tahun depan Suzuki tidak jadi “menantang” kompetitor. Jadi gak seru deh :mrgreen: .

Last, prediksi CB 1-2 tahun kedepan mungkin masih sulit buat Suzuki mengembalikan era kejayaannya. Dan tahun depan untuk kelas matic dan bebek masih dikuasai oleh Honda dan Yamaha setelah Kawasaki fokus di motor sport. Sebenarnya hanya Suzuki lah yang bisa diharapkan bisa meramaikan kembali persaingan antar atpm. Ayo Suzuki, bangkitlah..!!!

Posted by Wordmobi

42 thoughts on “Bagaimana Efek Penjualan Suzuki setelah Mundur Dari Motogp..??!

  1. ngak ngaruh kayanya,
    sebab dgn keluarnya tsb, dana akan dialokasi kan u/ menunjang penjualan dgn memperbaiki jaringan s3nya dan menelorkan banyak produk

  2. SUZUKI dan KAWASAKI lebih hebat,lebih kenceng dari produk kompetitor,apa gak salah………..?
    Kalo lbh bebat dan kenceng kenapa gak pernah juara dimotogp……………….?
    Kalo menurut analisa saya SUZUKI dan KAWASAKI mundur dari motogp,karena motornya kurang bersaing,makanya daripada ikut balapan yg perlu dana besar dan ditonton orang diseluruh dunia,tapi hasil gak memuaskan,malah justru membuat imej yg jelek terhadap produk2nya.
    Kan kalo gak ikut balapan bisa menutupi segala kekuranganya daripada ikut balapan tapi jadi penggembira saja.

    • gak pernah juara? makanya kalo kasih komentar hrs tau dulu sejarah dan perkembangan dunia balap motor dunia, berarti bro dangkal pengetahuannya, salah satunya di tahun 2005 Kenny R. Jr melibas suzuki k podium tertinggi motogp, sejak krisis ekonomi asia melanda dana lah yg sgt mempengaruhi riset pengembangan mesin, tahun lalu saja suzuki merai Runner up di ajang WSBK 2010 (Leon Haslam-GSX-R1000), sedang yamaha n Honda msh dibawahnya, ini bukti motor produksi massal sgt berpengaruh di Eropa, di Indonesia jarang yg pake Moge, dianggap produk mewah, bukan produk massal

      • Tiger Otak Local….. baca komentar terbaru dr gue biar lau tambah wawasan…oke coy crot

    • Justru kehebatan suatu motor itu bukan ditentukan hanya jalan lurus………
      HAYABUSA dan KAWASAKI mungkin kencang karena jalannya lurus gak ada tikungan/DRAGBIKE.Coba hayabusa jalanya disirkuit yg biasa digunakan diajang motogp saya berani taruhan kencangnya akan pudar kan ada tikungan pasti ngeremlah.
      Kehebatan dan ketangguhan suatu motor,jangan diliat ditrek lurus aja ……….

  3. memang buat pengguna motor suzuki pasti setia, buat yang lom pernah coba silahkan coba, ga ada salahnya, setelah itu baru komentar bagaimana kehebatan dan kelebihan produk suzuki..

  4. ga ngaruh kali mo ikut motorgp apa nggak, dulu Harley Davidson juga pernah ikut motogp taun-taun bajibul…. dan skrng dah ikutan lg di motogrepes, tp tetap motr keren mah Harley Davidson lah om mas bro… nyatanya motor Pas Pampres aja yg paling depan pasti Harlay dulu sebelum Honda Goldwing…… emang pembeli mo beli motor GP, konsumen tu beli Satria FU, Shogun, Totan, Skywave, Skydrive ama Spin dan Thunder. ga beli GSV……
    Buka otak kalian biar pd pinter…baca tulisan ane ini

  5. Menang ga menang tetap saja Hamamatsu (Suzuki Jepang) untung besar dari basis bisnis mereka yaitu Automobile, Automotorcycle dan Auto Marine, Finance, dll……Malah ga kedenger klo Suzuki itu MERUGi meski isu Krisis Global terus menyeruak.
    Ehhhh malah YAMAHA yg menang di Motogp ada beritanya Krisis Finansial, merugi lebih dari 19 milyar Yen di tahun 2009, 5 Pabrik di Jepang tutup bersamaan dengan kemenangan Yamaha,
    itu yg ANEH…… balapan cuma buat GENGSI….. meski melarat. Coba Anda Lihat Keraksasaan Suzuki vs Yamaha mana lebih Raksasa sampai detik ini…..Mikir Men…..
    Otak Pintar pasti bisa menilai

  6. Yang otaknya Local dan kurang wawasan, hanya tau Supra X dan Yupiter MX, paling mentox X-vision dan Tiger pasti mengatakan Honda dan Yamaha itu raksasa karena penjualan di Local (Indonesia) yang dominan…….
    Dasar Otak Local minim Wawasan……
    Banyak baca bro biar tau lebih lanjut….
    Suzuki Kizashi vs Toyota Camry vs Honda Accord vs Yamaha Jupiter MX…wkwkwkwkwkw
    Fortuner vs Suzuki Equator vs NIssan Frontier…..vs Yamaha Scorpion….crotttt wwwkwkwkwwk
    Suzuki Hayasabusa vs Kawasaki Ninja ZXR14……………vs (Yamaha R1 dan Honda CBR wkwkwkwk Y H ga kelas)…wkwkwkwkwk
    belum lg ama Suzuki B-King, Suzuki Bandit, Suzuki V-Stroom, Suzuki Burgman, Suzuki…..Way your life

  7. Klo buat Honda gw…. masih bisa bilang Mangtappppp krn Honda termasuk Campany Raksasa, tapi buat Yamaha…… Yamaha itu kecil bro klo mo dibandingkan Suzuki atau Honda…..
    yg ada mencretttt.

    • Kaga salah tuh ngomong…. Honda, Yamaha, Suzuki belum bisa bikin motor, Kawasaki sudah bikin pesawat tempur, kapal selam, tanker, misil, motor ( Meguro ). Jangan cuma lihat dari sisi motor doang…. Yang lain masih di darat.. Kawasaki teknologinya sudah di Luar Angkasa.. Jepang kalo kaga ada Kawasaki dan Mitsubishi, nggak bisa jadi agressor (penjajah) dunia, peralatan tempur mereka dari mana ??? Honda yang bikin ? Yamaha yang rakit ? Suzuki yang Ngepakin ??? He he he he… Kalian kalo ngomong begiini sama orang Jepang diketawaiin. Gw pernah tinggal di Jepang empat tahun…
      Mau bukti : buka tuh ….. http\\www.khi.co.jp
      Motor itu produk kecil bagi Kawasaki….. Di Jepang ada Kereta tercepat Shinkanshen, ada jembatan terpanjang Akahasi, ada pesawat Boeing 777, ada instalasi reaktor Nuklir, Station Ruang Angkasa KIBO, Pesawat tempur Impulse T4, robot-robot canggih dan banyak lagi, belum lagi mesin jet, mesin mobil untuk Roll Royce. Itu semua yang bikin Kawasaki……. Motor mah kecil….

      • apakah benar boeing 777 dan mesin rolls royce itu pure buatan kawasaki??? setau saya itu hasil kerjasama deh nggak hanya kawasaki

      • dan satu lagi bro yakin kawasaki heavy industries yang bisa bikin segalanya itu lebih besar da pabrikan honda, suzuki, dan yamaha???

  8. Kedigdayaan Keraksasaan Honda, Suzuki, Kawasaki dan Yamaha Empat Pabrikan Jepun ini ibarat melihat kaki dan kepala.
    Melihat Honda dan Suzuki itu seperti melihat kepala, melihat Yamaha dan Kawasaki itu seperti halnya melihat kaki yg pake Sandal Jepit.
    Peribahasanya begitulah

  9. kalo motogp kan perpaduan biker ama motornya,, kl kawasaki ama suzuki mngkin biker nya kurang sip,., tapi jelas motornya lebih berkualitas drpd kompetitornya, di jepang kawasaki sangat dihargai sebagai motor sport terbaik. di jepang moge always kawasaki

  10. hmm,. kalo gue jg motor sport pilih kawasaki sih,. emang jagonya sport,., terbukti di indo aj cm kawsaki yang berani ngluarin motor 650cc. dan malah lumayan laku,, laennya pada jual mtr kcil2 g jelas,. :p yang diandalkan cm irit doang,. :p.. dari sinilah image kawasaki bagus di motor sport,, y karena kawasaki tidak produksi mtr2 matic kcil2 gt,., cb kita liat yamaha , terkenal di motogp, tapi di sini, motor sport fairing yamaha apa ya?? ini menimbulkan image yamaha indonesia menjadi buruk. cuma kejar untung di motor kecil2 an,, kawasaki mengambil langkah bagus untuk meraup keuntungan lewat moge,. salut sama kawasaki.,.,^^

  11. Juara motor di motoGP tidak hanya di lihat dari kemampuan motornya, tapi dilihat juga dengan kehebatan ridernya. Kita ambil contoh, seorang ibu-ibu yang penakut menunggangi motor kawasaki ninja 250 sedangkan March marquest menunggangi motor Honda CBR150. Jika balapan dengan jarak 1 km, maka tentu saja Kawasaki ninja250 ketinggalan.

Tinggalkan komentar